Kembali Gubernur Ansar Serahkan Insentif RT dan RW, Posyandu, serta Bantuan Transportasi Siswa di Batam

oleh
Kembali Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyerahkan bantuan insentif untuk RT dan RW masing-masing senilai Rp 1,2 juta. (Foto : Ist)

Batam, Sijori Kepri — Kembali, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyerahkan bantuan insentif untuk Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) kepada masing-masing RT dan RW senilai Rp 1,2 juta, di Lapangan Futsal Perumahan Buana Garden Tanjung Piayu, Sei Beduk Batam, Jumat, 22 Juli 2022.

Selain bantuan RT dan RW, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan operasional senilai Rp 5 juta untuk masing-masing Posyandu, serta bantuan senilai Rp 296 juta untuk transportasi bagi siswa SMAN 11 Kota Batam Se-Kecamatan Sei Beduk dan Sekupang Kota Batam.

Bantuan yang diberikan merupakan bantuan yang kedua kalinya yang diberikan Gubernur Ansar di Kota Batam, setelah sebelumnya pada Selasa, 21 Juni 2022 yang lalu, juga diberikan bantuan insentif di Hotel Golden View dan SMKN 01, Batu Aji, Batam.

Selain di Kota Batam, bantuan insentif untuk RT dan RW, Operasional Posyandu, serta Penyerahan Bantuan Transportasi Laut Siswa Tahun Anggaran 2022 juga telah dilakukan di Kabupaten Karimun, Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, Kota Tanjung Pinang dan terakhir ketika Kunjungan ke Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Ansar juga memberikan bantuan serupa di Palmatak, Tarempa dan Jemaja.

Gubernur Ansar mengatakan, pemberian bantuan untuk RT dan RW merupakan hal yang wajar, karena kerja keras mereka membantu Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kota Batam dalam melakukan pembinaan ke masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Namun Gubernur Ansar juga meminta maaf kepada perangkat RT/RW di Batam karena rencana pemberian bantuan kendaraan roda dua belum dapat direalisasikan. Gubernur Ansar mengaku telah berkonsultasi dengan Kemendagri terkait bantuan tersebut, namun terganjal perihal mobilisasi aset.

“Karena RT dan RW akan terus mengalami pergantian sehingga terkait aset sepeda motor akan berpotensi bermasalah nantinya, yang juga beresiko menyeret perangkat RT dan RW ke masalah hukum. Namun janji tetap kita realisasikan, meskipun dalam bentuk lain,” jelas Gubernur

Sementara untuk bantuan Posyandu, Gubernur Ansar mengatakan, posyandu sebagai pelayan kesehatan tingkat dasar untuk masyarakat sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, khususnya dalam pelayanan imunisasi, serta pemenuhan gizi anak-anak guna meminimalisir kasus stunting di Kepulauan Riau.

“Gunakan bantuan ini dengan baik untuk perbaikan performance Posyandu dan menekan angka stunting dengan meningkatkan asupan gizi bagi anak-anak kita,” ujar Gubernur Ansar.

Kota Batam yang juga memiliki banyak sekolah, di daerah pesisir pun diberikan bantuan transportasi laut untuk siswa dan siswi dari Pemerintah Provinsi Kepri. Sekolah yang mendapat bantuan transportasi laut adalah SMAN 11 Kota Batam.

“Bantuan ini kita berikan untuk mengurangi beban masyarakat bagi anak-anak yang membutuhkan bantuan transportasi dari rumah ke sekolah karena harus menyeberangi laut, dan ini kita berikan ke seluruh Provinsi Kepri,” tutur Gubernur Ansar.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I DPRD Kepri, Rizki Faisal, Anggota DPRD Kepri, Ririn Warsiti, Sirajuddin Nur, dan Wahyu Wahyudin, Staf Khusus Gubernur, beberapa OPD Pemerintah Provinsi Kepri, Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Sekjen PWNU Kepri, Kiyai Herianto, serta perwakilan organisasi keagamaan, Kemasyarakatan, Kepemudaan serta Tokoh Masyarakat. (zah)