, , , ,

Kembali, Warga Tiongkok Terinfeksi Positif Covid-19 di Batam

oleh
Wali kota Batam, Muhammad Rudi. (Foto : MC Batam)

Sijori Kepri, Batam — Kembali, Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok menambah deretan jumlah warga Batam terinfeksi Covid-19 Kota Batam. Seorang laki-laki berinisial YG (37), TKA asal Tiongkok, bekerja di salah satu perusahaan Kawasan Kabil, Telaga Punggur, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, terinfeksi positif Covid-19 Kota Batam.

Yang bersangkutan merupakan teman satu negara dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya. Ia tinggal satu mess, namun berbeda kamar di lokasi tersebut sejak awal bulan Februari 2020.

Sehubungan hasil tindaklanjut contact tracing yang dilakukan oleh tim surveilans terhadap temannya yang terjangkit positif, maka yang bersangkutan bersama seluruh karyawan perusahaan tempatnya bekerja dilakukan pemeriksaan RDT pada tanggal 20 Juni 2020 dengan hasil Non Reaktif.

”Namun mengingat yang bersangkutan adalah closes contact primer, maka pada tanggal 22 Juni 2020 dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab Tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi Positif,” jelas Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam yang juga Wali Kota Batam, HM Rudi, dalam update perkembangan Covid-19 Batam, Rabu, (24/6/2020).

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini sedang dalam persiapan perawatan isolasi atau karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilakukan terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada, maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import.

”Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19,” ujar Rudi.

Selanjutnya diingatkan dan diimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam, untuk kemaslahatan bersama, agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah, serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur, serta istirahat yang cukup. (Wak Dar)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]