Kemenhub Sambut Baik Usulan MTI Kepulauan Riau

oleh
Kepala BPTD IV Riau-Kepri Kementerian Perhubungan RI, Yugo Antoro, dan Ketua MTI Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Syaiful. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik usulan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Wilayah Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Edukasi Keselamatan berkendara di jalan Raya untuk pelajar SLTA di Provinsi Kepulauan Riau, Ahad, 30 Oktober 2022.

Kepala BPTD IV Riau-Kepri Kementerian Perhubungan RI, Yugo Antoro Amd LLAJ.ST.M.Mtr, menyatakan siap untuk menyelenggarakan kegiatan Road to School dalam rangka memberikan edukasi kepada pelajar SLTA di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

“Kami menyambut baik usulan yang disampaikan Ketua MTI Wilayah Kepulauan Riau bapak Syaiful SE, saat dialog interaktif di RRI Tanjung Pinang bersama Kadishub Kota Tanjung Pinang, dan Satlantas Polresta Tanjung Pinang, kemaren,” kata Yugo Antoro.

Disampaikan Yugo Antoro lagi, bahwa dirinya sangat senang dengan adanya masukan yang disampaikan oleh pengamat, organisasi atau tokoh masyarakat tentang keselamatan siswa di jalan raya kepada Kementerian Perhubungan.

“Saya dikirim copy siaran RRI tersebut, saya dengar. Tentunya kami dari Kementerian Perhubungan senang adanya masukan dan kepedulian dari pengamat, organisasi atau tokoh masyarakat tentang keselamatan siswa di jalan raya. Begitu juga dengan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Karena keselamatan nyawa manusia itu tanggung jawab kita bersama. Kita tentunya tidak ingin nyawa masyarakat melayang dengan sia-sia. Dan kami dari Kementerian Perhubungan berupaya semakimal mungkin untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan raya,” ungkap Yugo Antoro.

BACA JUGA :  Kementerian Perhubungan Siapkan 3.210 Formasi CPNS Tamatan SMA

Lebih jauh, Yugo Antoro membenarkan apa yang disampaikan oleh Ketua MTI Kepri, bahwa Kementerian Perhubungan dari dulu memiliki beberapa program tentang keselamatan lalu lintas di jalan raya. Seperti kegiatan SALUD (Komunitas Sosialisasi Sadar Lalu Lintas Usia Dini). 

“Dengan melakukan edukasi kepada anak-anak TK/PAUD, agar kelak mereka dewasa anak-anak kita generasi bangsa paham dan mengerti untuk tertib dalam berlalu lintas, mengetahui rambu-rambu lalu lintas. Begitu juga dengan kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) pernah diselenggaran di beberapa daerah, dengan maksud menyelematkan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dari korban kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MTI Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Syaiful SE mengapresiasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui BPTD IV Wilayah Riau-Kepri, yang telah merespon dengan baik usulan yang telah mereka ajukan.

BACA JUGA :  Nurdin Tinjau Pembangunan "PELABUHAN TANJUNG MOCO"

“Benar saya komunikasi dengan pak Yugo Antoro selaku perpanjangan tangan Kementerian Perhubungan untuk wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau tentang rencana kegiatan tersebut. Alhamdulillah Kementerian Perhubungan merespon baik usulan kita dan memasukan anggaran kegiatan yang Insya Allah akan diselenggarakan tahun 2023, yang nantinya akan menjadi rangkaian pekan keselamatan transportasi jalan tahun 2023,” kata Syaiful.

Dikatakannya, bahwa di tahun 2022 kegiatan Edukasi Keselamatan telah diselenggarakan di beberapa Sekolah SLTA di Provinsi Riau, bekerja sama dengan Pramuka dan Paskibraka.  

“Sedangkan di Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 nanti, akan kami susun dan diskusikan, apakah kegiatan ini dibuat di suatu tempat /gedung/aula dengan mengundang utusan dari Sekolah atau kita akan datang langsung ke sekolah-sekolah, sehingga semua pelajar dapat mengikutinya. Kegiatan ini bisa dimasukan dalam kegiatan ekstra kurikuler pelajar SLTA,” ucapnya.

BACA JUGA :  Informasi Bagi Tamatan SMA Yang Mau Jadi PNS

Lebih jauh Syaiful menjelaskan, bahwa kegiatan edukasi keselamatan berkendara tersebut sangatlah penting bagi pelajar. 

“Mereka anak-anak generasi penerus bangsa harus belajar mengenai keselamatan berlalu lintas, agar tidak menjadi korban atau pelaku kecelakaan lalu lintas dengan memberi pengetahuan kepada mereka mengenai etika berlalu lintas yang benar, dengan mentaati aturan berkendara,” tegas Mantan Ketua DPD ORGANDA Provinsi Kepri ini. (Red)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.