Kementerian ESDM Bantu Mesin Listrik Untuk Anambas

oleh

ANAMBAS (SK) — Kecamatan Siantan tepatnya di Desa Antang Rumah Mesin PLN beroperasi. Kini Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mendapatkan bantuan mesin dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mesin yang dialokasikan menggunakan anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) berjumlah 4 buah mesin yang berkapasitas 4 Mega Watt (MW), masing-masing setiap mesin berkapasitas 1 MW. Hal ini disampaikan oleh Kepala Rayon PLN Tarempa Sandy saat ditemui tempat kerjanya kemarin, Tarempa, Sabtu, (22/8/2015).

Menurutnya, mesin Listrik yang bermerek MTU yang diangkut menggunakan kapal tongkang milik PT Energi Powerindo Jaya, sudah tiba di Pantai Pasir Manang, Desa Antang, Kecamatan Siantan, Jum’at, pukul 05.00 WIB, (21/8/2015).

BACA JUGA :  Arif : Lembaga Adat "BUKAN SEKEDAR ORMAS"

“Untuk melakukan penurunan mesin dari kapal tongkang harus menunggu air pasang dulu, kerena kapal tongkang tidak bisa bersandar dipantai tersebut. Kemungkinan Sore ini mesin tersebut langsung kita pindahkan kerumah mesin menggunakan alat berat seperti eskapator,” ucapnya.

Kata Sandy, terkait beroperasinya mesin tersebut kita masih menunggu yang di Kabupaten Natuna dulu, setelah itu barulah kita akan melaksanakan peresmian sekaligus tanda beroperasi mesin tersebut.

“Wacana peresmian tanggal 28 Agustus 2015, jika tidak ada kendala hal lainnya, seperti yang dimaksudkan sebelumnya mesin tersebut seharusnya tanggal 17 Agustus 2015, peresmiannya serentak seluruh Indonesia, karena akibat ada kendala cuaca dan transportasi yang cukup jauh mencapai titik yang ditentukan. Kini mesin sudah sampai dan hanya menunggu peresmiannya saja,” jelasnya.

BACA JUGA :  Perangkat Daerah Belum Siap, HIPKI Minta Pusat Tidak Menolak Layanan Perizinan

Terkait dengan kerjasama bersama pihak ketiga sebelumnya, menurut Sandy, mesin yang sudah ada dapat dialihkan ketempat daerah lain di Kabupaten Kepulauan Anambas dan masih dapat dimanfaatkan bagi daerah yang kekurangan mesin pembangkit listrik, seperti di Kecamatan Jemaja.
“Masa Kontrak antar PLN dengan PT Bersama Kalimantan Sejahtera Powerindo (BKSP) akan berakhir pada bulan Desember tahun 2015 mendatang,” ungkapnya. (SK-Ind)

LIPUTAN ANAMBAS : INDRA GUNAWAN
EDITOR : RUSMADI

Kementerian ESDM Bantu Mesin Listrik Untuk Anambas.(Photo : Indra Gunawan)
Kementerian ESDM Bantu Mesin Listrik Untuk Anambas.
(Photo : Indra Gunawan)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.