Kesbangpol Kepri Gelar Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dilingkungan Perguruan Tinggi, Pelajar dan Masyarakat

oleh
Kabid Idwasbang Kesbangpol Kepri, Isra Gigantara, bersama Kepsek SMAN 1 Bintan Utara Sunaryono, Narasumber dan para peserta kegiatan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Bintan — Badan Kesbangpol Kepri menggelar kegiatan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dilingkungan Perguruan Tinggi, Pelajar dan Masyarakat, dengan peserta terdiri dari siswa/siswi SMAN 1 Bintan Utara sebanyak 50 orang, di Aula SMAN 1 Bintan Utara, Jumat, (17/12/2021), pukul 09.30 WIB.

Hadir pada kegiatan tersebut Kaban Kesbangpol Kepri diwakili Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kepri, Isra Gigantara S.Sos M.Si, Kasubid Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kepri, Andry Januardi Jamin Ali SE, Kepala Sekolah SMAN 1 Bintan Utara, Sunaryono, para Guru SMAN 1 Bintan Utara dan Siswa/Siswi SMAN 1 Bintan Utara. 

Acara diawali dengan kata sambutan oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Bintan Utara, dilanjutkan dengan sambutan Kaban Kesbangpol Kepri, yang dibacakan oleh Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kepri, Isra Gigantara S.Sos M.Si. 

Dalam sambutannya, Isra mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman di era globalisasi dan teknologi informasi, nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara mulai luntur, bahkan cenderung terkikis habis. Padahal selama ini nilai dasar Pancasila menjadi dasar dalam penanaman dan penumbuhan, pengembangan rasa, jiwa dan semangat kebangsaan, serta memberikan panduan tuntunan bagi pedoman bangsa Indonesia dalam melakukan perjuangan bagi mewujudkan cita-cita nasional. 

BACA JUGA  Dirjen Polpum Kemendagri Apresiasi Kesbangpol Kepri

Indikasi dari kemunduran itu dapat dilihat dari semakin menipisnya rasa kebangsaan, kesadaran memiliki negeri ini dan makin kurang dihayatinya tata kehidupan yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila pada semua hampir generasi bangsa. 

Pada saat ini dapat dilihat di NKRI telah bermunculan berbagai gerakan sparatisme, terorisme, dan kelompok kriminal bersenjata yang gerakannya yang selalu menamakan agama dan suku semakin menjamur dan pesat. 

Gerakan ini terus menerus-menerus menumbuhkan rasa permusuhan terhadap bangsa dan rasa kebencian kepada masyarakat, agar dapat menimbulkan rasa perpecahan sesama anak bangsa. 

Dikatakan Isra Gigantara, hal ini masih ditambah, belum lagi perkelahian sesama anak bangsa berupa perkelahian antar kelompok (tawuran) antar Pelajar, Narkotik dan pergaulan bebas, yang seakan bukan hal tabu di negeri ini. 

Hal-hal tersebut semakin membuat buruk potret negeri ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Oleh karena itulah, ujar Isra Gigantara, melalui kegiatan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila, perlu kita kembali angkat nilai-nilai Kebangsaan, khususnya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, demi meneguhkan kembali jati diri Bangsa, dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan yang menjadi dasar-dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ditengah terpaan arus Globalisasi dan Modernisasi yang bersifat multidimensi. 

BACA JUGA  Kesbangpol Kepri Sosialisasikan Pencegahan Penggunaan Narkoba Bagi Milenial

“Sehingga diharapkan Indonesia mampu dan dapat  tetap menjaga keutuhan, dan mampu menegakan kedaulatan,” harap Isra.

Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi untuk menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada berbagai aspek kehidupan di Masyarakat. 

Kegiatan Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila diisi dengan penyampaian materi oleh Tenaga Penyuluh Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Kepri, Nila Sukmawati, dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Tenaga Pendidik SMAN 1 Bintan Utara, Al Hasneli S.Pd. (ds)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.