Ketua FKUB Natuna : Jangan Mudah Terprovokasi “OLEH ISU”

oleh
Rapat Koordinasi (Rakor) Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kabuparen Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
– Rakor Kerukunan “ANTAR UMAT BERAGAMA”

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Bakesbangpol) Daerah Kabupaten Natuna, gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kerukunan Antar Umat Beragama se-Kabuparen Natuna, bertempat di Aula Hotel Ranai Darat, Rabu, (24/05/2017).

Kegiatan ini dihadiri sejumlah tokoh umat beragama yang ada di Natuna, seperti, Konghucu, Kristen Protestan, Kristen Katolik, dan Islam.

Wakil Bupati Natuna, Dra Ngesti Yuni Suprapti, MA, dalam sambutannya menyampaikan, Natuna yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama, sampai sejauh ini toleransi kerukunan antar umat beragama masih tetap terjaga dan aman. Hal itu berkat adanya pemahaman dan pengertian dari seluruh komponen masyarakat yang memiliki rasa cinta kasih, dan menjunjung tinggi perbedaan dari keberagaman yang ada.

“Pada prinsipnya semua agama cinta damai, nilai pemahaman inilah yang harus ditanamkan melalui tokoh atau pimpinan agama untuk memberikan pemahaman, serta mensosialisaskkan yang kita kenal dengan 4 pilar kebangsaan, yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, merupakan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Ngesti.

BACA JUGA :  Ngesti Yuni Lantik “UNIT SABER PUNGLI NATUNA”

Lebih lanjut Ngesti , mengatakan, keberagaman itu tidak terlepas dari gesekan terkait dengan perselisihan yang selama ini terjadi di berbagai daerah lain, hal seperti ini perlu kita jaga bersama, tentunya bagaimana pemerintah Natuna menyikapi kerukunan umat beragama, sehingga penting dibentuk Forum Kerukunan Umat Beragama.

“Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang telah dibentuk ini, diharapkan berjalan dengan baik dan menerima masukan-masukan positif demi kerukunan antar umat beragama,” harap Ngesti.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kementerian Agama Natuna, Sudarmadi, mengatakan, meski kerukunan umat beragama di Natuna ini rukun dan damai, tidak tertutup kemungkinan adanya timbul gesekan seperti yang terjadi di daerah lain. Untuk itu, kami dari Kemenag tetap berupaya melakukan berbagai hal untuk menciptakan suasana kondusif antar umat beragama.

BACA JUGA :  Ngesti Yuni Suprapti Beri Apresiasi Kepada "STAI NATUNA"

“Kita ingin Forum ini sebagai wadah penampung pemahaman dari berbagai elemen yang terkandung didalamnya, untuk selalu berkoordinasi dalam meningkatkan dan menjaga kerukunan antar umat beragama,” kata Sudarmadi.

Kita patut bersyukur, hingga sekarang ini kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Natuna ini terjalin baik, tentunya disini tidak terlepas dari peran pemerintah daerah dalam melakukan komunikasi yang baik kepada setiap pimpinan agama.

Selanjutnya, Ketua Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Natuna, Wan Zawali, berharap, antar umat beragama yang ada di Natuna ini, harus saling menghargai satu sama lain. Karena hal ini sangat penting untuk meredam timbulnya gesekan antar umat beragama.

“Jangan mudah terprovokasi oleh isu ataupun omongan orang yang tidak bertanggung jawab, yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat Natuna. Jika ada masalah, mari segera menyelesaikannya bersama-sama agar tidak berkelanjutan. Mari kita sama-sama menghargai perbedaan,” ajak Wan Zawali. (SK-Nard)

BACA JUGA :  Pejabat Pemkab Natuna di Lantik "INILAH NAMA-NAMANYA"

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.