KM Harapan Baru Diamankan Polair Jambi

oleh

РBawa Avtur Untuk Susi Air

LINGGA (SK) — Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, amankan Kapal Motor (KM) Harapan baru, di Perairan Sungai Batang Hari, Sabtu (30/1/2016) sekitar pukul 01.00 WIB, dinihari, saat menuju Dabo Singkep, yang membawa bahan bakar Avtur, yang merupakan permintaan dari PT Asi Pujiastuti Aviation kepada Pertamina, guna memenuhi kebutuhan bahan bakar penerbangan perintis oleh maskapai Susi Air.

Dodi Dharma Cahyadi, Kepala Bandar Udara (Bandara) Dabo, yang sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) penerbangan perintis, menuturkan, Terkait penangkapan KM Harapan Baru yang membawa Avtur tersebut, kejadiannya karena kurangnya koordinasi penyedia Avtur untuk penerbangan perintis, yakni, CV Cadik Nusantara sebagai pemenang tender kepada sejumlah pihak yang ada di perairan Jambi tersebut.

BACA JUGA :  Perusda Anambas Dituding Halangi Hadirnya Pesawat Susi Air

“CV tersebut mengantongi surat perjanjian pemborong dengan nomor KU.003/01/I/PPK.P RTS/DS-2016 tertanggal 4 Januari 2016 tentang subsidi angkutan BBM,” terangnya kepada awak media, melalui telepon genggamnya, Rabu (3/2/2016).

Dikatakan, CV Cadik Nusantara berdasarkan surat permintaan pengisian bahan bakar Avtur yang dikeluarkan PT Asi Pujiastuti Aviation tertuju kepada PT Pertamina Jambi dengan surat No.001/Asipa-SIQ/I/2016, meminta sebanyak 40 Ribu liter atau 200 drum, pengisian Avtur pertama dilakukan pada Jumat (29/1/2016), dengan lima unit Ligth truck, yang masing-masing mengangkut 20 drum berisikan Avtur ke pelabuhan Pasir Kawasan Ancol Jambi.

“Seluruh drum tersebut dimuat ke dalam kapal barang KM Harapan Baru, yang akan membawa Avtur menuju Dabo Singkep, selanjutnya langsung dibawa ke Bandara Dabo, saat Polisi memeriksa dokumen kapal KM Harapan Baru yang memuat Avtur, namun, dokumennya masih di dalam truk pengangkut Avtur dari Pertamina,” papar Dodi.

BACA JUGA :  Pemilik Kios Minta Camat Atur Pengecer BBM Tak BerSITU

Pengangkutan Avtur yang menggunakan kapal barang, yakni, KM Harapan Baru tersebut, lanjut Dodi, telah direstui oleh KPLP Kuala Tungkal, dengan syarat, sipengangkut harus membuat surat pernyataan untuk bertanggungjawab sepenuhnya dalam pengangkutan Avtur tersebut.

“KPLP hanya mengijinkan pengangkutan Avtur dengan kapal tersebut sekali ini saja, selain itu, di Jambi tidak ada pengangkutan khusus bahan bakar,” ungkapnya.

Dodi juga memastikan, dengan kejadian ini, tidak akan mengganggu penerbangan perintis yang melayani masyarakat ditiga Provinsi, yakni, Kepri, Jambi dan Riau.

“Pesawat perintis Susi Air, akan terus malayani penerbangan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya, media massa telah memberitakan, anggota Direktorat Polisi Perairan Polda Jambi, telah mengamankan kapal barang KM Harapan Baru yang membawa Avtur, di perairan Sungai Batang Hari, Jambi, Sabtu (30/1/2016) dini hari pukul 01.00 WIB karena tidak mengantongi izin. (SK-Pus)

BACA JUGA :  Susi Air Mulai Layani Penerbangan
Pesawat Cassa 212. penerbangan perintis yang melayani masyarakat tiga Provinsi (Foto: Puspandito)
Pesawat Cassa 212. penerbangan perintis yang melayani di tiga Provinsi (Foto: Puspandito)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.