Kodim 0318/Natuna Gelar “LOMBA MELUKIS dan KARIKATUR”

oleh
Kodim 0318/Natuna Gelar “LOMBA MELUKIS dan KARIKATUR” 1
Kasdim 0318/Natuna, Mayor Kav Agung Prawito, menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Kodim 0318/Natuna Gelar “LOMBA MELUKIS dan KARIKATUR”
– Ini Para Pemenangnya.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0318/Natuna, Letkol Inf Yusuf Rizal, melalui Kasdim 0318/Natuna, Mayor Kav Agung Prawito, menutup secara resmi Lomba Melukis dan Pembuatan Karikatur Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif Tahun Anggaran 2018, di Aula Makodim 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Kamis, (26/07/2018).

Kasdim 0318/Natuna, Mayor Kav Agung Prawito, mengatakan, dalam rangka mendukung tugas pokok, TNI AD membangun pola kebersamaan/kemanunggalan antara TNI AD dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam upaya menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Sedangkan sebagai kekuatan kultural, bermakna Prajurit TNI memiliki wawasan kebangsaan atas dasar kemajemukan kultur dan budaya bangsa sebagai basis berdirinya NKRI berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Komsos kreatif ini merupakan agenda tahunan dengan mengambil tema yang berbeda di tiap tahunnya. Pengambilan media komsos kreatif juga berbeda-beda, misalnya menari, sosiodrama, melukis, musik dan lainnya. Ini disesuaikan dengan kondisi trend saat ini.

“Kalau trendnya tahun depan lewat musik, maka akan dibuat lewat musik. Kalau trennya lewat film, maka kita akan buat lewat film, jadi macam-macam kegiatannya, disesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan,” kata Kasdim.

Untuk tema, ujar Kasdim, kedepannya akan diintruksikan dari pusat. Saat ini, komsos kreatif mengambil tema “Melalui Kemanunggalan TNI – Rakyat, Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme” dengan tujuan menjalin komunikasi yang sehat dan silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat melalui perlombaan-perlombaan dalam rangka mewujudkan cegah tangkal radikalisme.

“Pesan yang ingin kita sampaikan harus sampai kepada segenap komponen masyarakat, untuk menangkal paham terorisme dan radikalisme. Semua lukisan pada kegiatan komsos kreatif ini akan dikirim ke pusat untuk didaftarkan pada rekor MURI”, imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna, Erson Gempa, mengatakan, kegiatan Komsos Kreatif ini berhubungan langsung dengan program pemerintah daerah yakni dalam bidang kesenian. Erson mengakui, kehadiran TNI tidak mengganggu pariwisata dan kebudayaan Natuna, justru memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah khususnya pariwisata.

“Keterlibatan TNI sangat dibutuhkan oleh pariwasata di Kabupaten Natuna. Isu yang mengatakan dengan banyaknya kehadiran TNI di Natuna akan membuat pariwisata Natuna mundur dan sepi tidak lah benar, buktinya sudah saya lihat pada event-event yang sudah digelar dinas Pariwisata. Sinergitas yang patut diacungi jempol, bahu membahu demi kemajuan,” kata Erson.

Erson menambahkan, kegiatan Komsos Kreatif yang dilakukan oleh TNI AD akan selalu didukung oleh pemerintah daerah, dan kegiatan ini tidak menutup kemungkinan akan melahirkan bibit-bibit dalam bidang melukis dan pembuatan karikatur. Untuk para juara komsos kreatif yang akan mewakil Natuna, Erson berharap, para juara tidak gugup berlomba di Korem 033/WP.

“Anggap ini pengalaman berharga, kedepannya bisa memajukan Natuna khususnya dalam bidang parwisata dan kebudayaan,” ujarnya.

Untuk Pemberian piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada peserta didampingi oleh guru pedamping atas nama Qotrunhida Firdausi dari SDN 008 Batu Gajah, Tiara lestari dari SMPN 1 Bunguran Timur, Steven Arivin dari SMAN 2 Bunguran Timur.

Adapun pemenang dari perlombaan tersebut antara lain, Perlombaan melukis : Juara 1 diraih oleh Raja Erma Suryani dari Madrasah Aliyah Bakti Natuna Kecamatan Pulau Tiga Barat, juara 2 diraih oleh Khairunnisa Kurniasih dari MAN 1 Ranai, juara 3 diraih olah Dinda Witra dari SMAN 2 Bunguran Timur dan juara 4 diraih oleh Suherman dari SMAN 1 Ranai.

Sedangkan pembuatan karikatur, juara 1 diraih oleh Khairunnisa dari MAN 1 Ranai, juara 2 diraih oleh Nurul Syahputra dari SMAN 1 Bunguran Timur Laut, juara 3 oleh Rekky Saputra dari SMAN 2 Bunguran Timur dan juara 4 diraih oleh Dio Anggara dari SMPN 2 Bunguran Timur.

Hadir pada acara tersebut, perwakilan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Natuna, perwakilan Bakesbangpol Natuna, Kepala RRI Natuna, dewan juri dan para peserta komsos kreatif 2018. (nard)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner