ANAMBAS

Kolaborasi BPMP Kepri dan Disdikpora Anambas, Festival Kurikulum Merdeka Sukses Digelar

×

Kolaborasi BPMP Kepri dan Disdikpora Anambas, Festival Kurikulum Merdeka Sukses Digelar

Sebarkan artikel ini
Festival Kurikulum Merdeka di Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)

Kolaborasi BPMP Kepri dan Disdikpora Anambas, Festival Kurikulum Merdeka Sukses Digelar

ANAMBAS — BPMP Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan kegiatan puncak Festival Kurikulum Merdeka. Acara ini digelar pada Selasa, 21 Mei 2024, di Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, Kabupaten Anambas.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Festival Kurikulum Merdeka diawali dengan lomba naskah, praktik baik, dan desain poster. Acara ini merupakan selebrasi yang menampilkan berbagai praktik implementasi Kurikulum Merdeka melalui lomba dan pameran pendidikan. BPMP Provinsi Kepri memilih Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai lokasi puncak acara karena memiliki capaian terbaik di tingkat provinsi.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (Sekda Anambas), Sahtiar, yang mewakili Bupati Kepulauan Anambas, anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, serta pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dari seluruh jenjang di Kecamatan Siantan.

Sekda Anambas, Sahtiar, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan sinergi semua pihak sehingga festival ini dengan berbagai rangkaian kegiatan perlombaan dan pameran pendidikan dapat terlaksana dengan sukses. Ia menekankan bahwa Festival Kurikulum Merdeka merupakan ruang belajar dan berbagi bagi para peserta didik, orang tua, guru, dan tenaga kependidikan untuk bersama-sama menciptakan pembelajaran berkualitas melalui kurikulum merdeka.

Sahtiar mengapresiasi seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Anambas yang telah menggunakan kurikulum merdeka belajar, meski menghadapi keterbatasan seperti sinyal, listrik, serta tantangan geografis. Ia menegaskan bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pembelajaran yang berkualitas, menyenangkan, dan bermakna.

Untuk mendukung pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah mengalokasikan anggaran signifikan, yaitu Rp 20 miliar pada tahun 2023 yang meningkat menjadi Rp 32 miliar pada tahun 2024. Anggaran ini digunakan untuk pembangunan dan renovasi sekolah, pengadaan peralatan pembelajaran modern, serta peningkatan aksesibilitas fasilitas pendidikan.

Dalam mendukung kebijakan merdeka belajar, pemerintah setempat juga mengeluarkan regulasi seperti Peraturan Bupati Nomor 46 tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dan Peraturan Bupati nomor 38 tahun 2023 tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Kabid Pembinaan Ketenagaan, Raja Benny Syahrizal, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengamplifikasi cerita praktik baik implementasi kurikulum merdeka dan memperkuat keberlanjutan kurikulum ini.

Kepala BPMP Provinsi Kepri yang diwakili oleh Widyaprada Madya Irwan Safii mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan jajarannya yang telah banyak berupaya memajukan pendidikan di Kepulauan Anambas.

Pemenang berbagai lomba dalam Festival Kurikulum Merdeka diumumkan sebagai berikut:

Lomba Poster Festival Kurikulum Merdeka:

  • Juara 1: Nelfia Keysa Kinanti, SMPN 1 Tanjungpinang
  • Juara 2: Jewel Octavianty, SMPN 6 Batam
  • Juara 3: Vincy Lavrencia Aishah, SMAS Kartini Batam

Lomba Naskah Praktik Baik IKM (Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Festival Kurikulum Merdeka:

  • Juara 1: Siti Rahma, SMPN 2 Siantan
  • Juara 2: Hendra Kirana, SMPN 3 Batam
  • Juara 3: Ade Irwansyah Putra, SMAS Kartini Batam

Lomba Naskah Praktik Baik IKM (Kategori Peserta Didik) Festival Kurikulum Merdeka:

  • Juara 1: Melati Regina Putri, SMPN 1 Siantan
  • Juara 2: Muhammad Rendy, SMPN 19 Bintan
  • Juara 3: Izzahira, SDN 007 Sedak

Lomba Naskah Praktik Baik IKM (Kategori Orang Tua Siswa) Festival Kurikulum Merdeka:

  • Juara 1: Lisnasari Siregar, SDN 004 Letung
  • Juara 2: Sujiati, SMPN 1 Bintan
  • Juara 3: Mira Restuti, RA Al Madinah Tanjung Pinang

Lomba Mewarnai (PAUD di Kecamatan Siantan dan sekitarnya) Festival Kurikulum Merdeka:

  • Juara 1: Flodya, TK Pembina
  • Juara 2: Cira Qasri, TK Al Quran
  • Juara 3: Cayda Zaviera, TK Muhajirin

Stand Terbaik Festival Kurikulum Merdeka:

  1. Stand Guru Penggerak Angkatan 6
  2. Stand SMPN 2 Siantan
  3. Stand SMPN 1 Siantan
  4. Stand Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Siantan
  5. Stand SDN 3 Tarempa

Pemenang lomba menerima hadiah berupa uang tunai, piagam penghargaan, dan merchandise. Hadiah stand terbaik disponsori oleh Disdikpora dan BPMP. ***

(Red)

Follow