Komisi III Dampingi Saker Pusat Kunjungi Pembangunan Bandara Letung

oleh

– Komisi III DPRD Kepri Desak Percepatan Pembangunan.

ANAMBAS (SK) — Anggota DPRD Komisi III DPRD Kepri Sofyan Samsir yang didampingi Satuan Kerja (Satker) Kemenhub RI dan Kabid Udara Dishub Kepri melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Letung Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas.

Rombongan ini  tiba jum’at sore dan disambut Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jemaja, Zulkarnain dan Upt Dishub Anambas, sampai dipelabuhan langsung meninjau proyek pembangunan Bandara Letung yang saat ini telah mencapai progres 20 persen, panjang landasan sekarang baru 650 meter dan ditargetkan tahun ini selesai di aspal sepanjang 1200 meter.

Pihak PPK Satker perhubungan udara, Ariyadi Widiawan mengatakan, pembangunan ditargetkan Juni tahun depan bandara bisa dioperasikan dengan pendaratan pesawat Susi Air.

“Saat ini terminal penumpang sudah selesai dibangun dari APBD Pemkab Anambas senilai Rp 6 miliar dan ditambah Rp 4 miliar lagi sehingga total multiyears sebesar Rp 11 miliar dua tahun ini. Saat ini sedang pembangunan gedung tambahan lainnya seperti Damkar, adm bandara, klinik dan lainnya,” ucap Ariyadi.

BACA JUGA  Biaya Landing di Anambas Memberatkan

Daerah yang berkembang yakni Letung cukup baik kedepannya, selain bandara juga jalan raya sudah berkembang. Kunker Komisi III DPRD cukup menentukan, karena membidangi pembangunan dan infrastruktur. Tokoh masyarakat Letung, Jauhari mengatakan masalah utama di Jemaja yakni askses transportasi sangat sulit, saat ini yang ada selama 8 jam perjalanan kapal cepat dari Tanjungpinang.
“Tetapi kalau musim angin Utara, bisa putus karena gelombang tinggi dan tidak ada kapal yang berani berlayar,” keluh Jauhari.
Selain itu, tidak menutup kemungkinan, kedepannya pesawat boing masuk ke Anambas. Sofyan mengatakan bandara untuk kebutuhan transportasi masyarakat Anambas dan kedepannya bisa didengar pemerintah pusat, akses jalan di Jemaja selanjutnya bisa didanai APBN. Selain Fungsi perhubungan kondisi geografis dan cuaca dan Keamanan Negara dan  bencana. (SK-R.Nst)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.