KRI Tangkap Kapal Nelayan Asing

oleh

– Di Perairan Laut Anambas.

ANAMBAS (SK) — Tidak pernah ada kapoknya kapal nelayan dari negara asing melakukan pencurian ikan di laut Indonesia, terutamanya laut Anambas. Hal ini terbukti Kapal Republik Indonesia (KRI) Tengku Umar 358 melakukan penangkapan dua buah kapal Vietnam yang sedang beroperasi di perairan laut Kabupaten Kepulauan Anambas, tepatnya di 40 mill arah utara pulau Tarempa, Minggu(12/07/2015), Pukul 16.45 WIB.

Saat melakukan penangkapan Kedua buah kapal Vietnam tersebut yakni KG 93167TS (KM Sinar Petromax 011) dengan Nahkoda Li Tan Kua dengan jumlah ABK 22 orang dan KG 92826TS (KM Sinar Petromax 017) dengan Nahkoda Ngu Yun Am dengan ABK 5 orang tidak melakukan perlawanan yang berarti.

Barang bukti penangkapan dua buah kapal dan sejumlah ABK, diserahterimakan kepada Lanal Tarempa, Senin (13/7/2015) siang. Saat ini kedua kapal disandarkan di Pelabuhan Tarempa, kemudian 27 ABK kapal diamankan.

Kapten Laut (P) Muhidin,Pasintel Lanal Tarempa mengatakan, kedua kapal tersebut saat ditagkap sedang melakukan menjaring ikan dengan jaring trall.

BACA JUGA  Polsek Sekupang Amankan Residivis Pencurian Sepeda Motor di 3 Lokasi Berbeda

“Saat itu KRI Tengku Umar 358 sedang melakukan patroli, kerena melihat KRI mendekati kapal tersebut, kedua kapal itu berusaha malarikan diri akan tetapi kedua kapal itu kalah cepat dengan kapal patroli,” ungkapnya.

Lanjut Muhidin, sebelum melakukan melarikan diri, salah satu kapal tersebut sempat memotong jaring yang sudah terpasang didalam laut, karena merasa kalah saing dalam pengejaran kedua kapal tersebut menyerahkan diri.

“Mereka kalah kecepatan jadi langsung prey dari pada memaksakan diri
untuk kabur tapi tak bisa lolos,” ungkapnya lagi.

Dikatakan Muhidin, untuk pemeriksaan awal, kapal yang berukuran kurang lebih 60-70 GT tersebut diduga tidak memiliki dokumen. Namun untuk keterangan lebih detil akan kita sampaikan berikutnya, karena saat ini masih dalam proses serah terima dari KRI kepada Lanal Tarempa untuk diadakan penyelidikan. (SK-Ind)

LIPUTAN ANAMBAS : INDRA GUNAWAN
EDITOR : RUSMADI

Para Awak Kapal Nelayan Vietnam Yang Tertangkap.(Photo : Indra Gunawan)
Para Awak Kapal Nelayan Vietnam Yang Tertangkap.
(Photo : Indra Gunawan)
Kapal Nelayan Asing Disandarkan di Pelabuhan Tarempa.(Photo : Indra Gunawan)
Kapal Nelayan Asing Disandarkan di Pelabuhan Tarempa.
(Photo : Indra Gunawan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.