, , , , , , ,

Kru Terpapar COVID-19, KM Kelud Tidak Boleh Lanjutkan Perjalanan

oleh
Kru Terpapar COVID-19, KM Kelud Tidak Boleh Lanjutkan Perjalanan 1
Kapal Pelni, KM Kelud, rute Jakarta, Batam dan Medan, tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan, karena puluhan kru terpapar Virus Corona (COVID-19). (Foto : Ist)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Batam — Kapal Pelni, KM Kelud, rute Jakarta, Batam dan Medan, tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan, karena puluhan kru terpapar Virus Corona (COVID-19), Minggu, (12/4/2020).

Diketahui puluhan kru KM Kelud terpapar, hasil pemeriksaan petugas medis bekerjasama Kantor Kesehatan dan Pelabuhan (KKP) Batam. Dalam pemeriksaan ini, sebanyak 94 kru diperiksa menggunakan alat bantu Rapid Test.

Sebanyak 54 kru, dinyatakan Orang Tanpa Gejala (OTG) non reaktif, 39 kru dinyatakan Orang Tanpa Gejala (OTG) reaktif, 1 kru dinyatakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) reaktif. Kru PDP ini langsung dirujuk ke RS Badan Pengusaha Batam.

Ketua Harian Satgas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Kepri, yang juga menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arief Fadilah, mengatakan, untuk menghindari penambahan terpapar, kapal untuk sementara tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

”Kru KM Kelud akan dikarantina di Rumah Sakit (RS) Khusus COVID-19, Galang,” kata TS Arief Fadilah.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, pihaknya belum mengetahui dimana kru ini akan dikarantina. Yang pasti, mereka untuk sementara tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Sebelum dibawa ke lokasi karantina, kru ini tidak diperbolehkan meninggalkan kapal. Sementara, petugas medis akan mengambil swabnya masing-masing kru. Sampai sore ini masih dikapal, mereka diambil swabnya menggunakan alat bantu dulu di Balai Teknisi Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKPLP).

Sementara, kejadian serupa juga terjadi di Karimun. KM Kelud, Minggu, (12/4/2020), tidak jadi berlayar ke Belawan Medan, karena Salah satu ABK terindikasi Covid-19. Terkait dengan tiket, pihak Pelni mengembalikan uang para penumpang sesuai harga tiket yang berlaku. (Wak Zek)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner