Kunjungan Wisman di Kepri Menurun

oleh
– Bulan Januari 2015

TANJUNGPINANG (SK) — Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Provinsi Kepulauan Riau sepanjang bulan Januari 2015 menurun. Hal itu disebabkan minimnya momen kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah baik Provinsi termasuk di kabupaten/kota lainnya. Demikian dikatakan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Drs Dumangar Hutauruk, M.Si dalam konferensi pres berita resmi dari lembaganya yang berkantor di Jalan Kijang Lama, Kota Tanjungpinang, Senin (02/03/2015).

“Mengalami penurunan dibandingkan pada bulan sebelumnya yakni Desember 2014 lalu,” beber Dumangar.

Persentase penurunan tersebut mencapai 33,30 persen. Jumlah Wisman yang berkunjung ke Kepri pada Januari 2015 hanya mencapai 147.641 orang. Sementara dibandingkan dengan bulan di tahun sebelumnya lebih dari 221.350 orang Wisman.

Dumangar menerangkan, penurunan disektor pariwisata ini disebabkan karena masih minim dan berkurangnya moment-moment kegiatan baik pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota yang berhubungan dengan pariwisata. Yang mana, program event tersebut secara tidak langsung mampu meningkatkan kedatangan Wisman ke Kepri. Wisatawan Mancanegara yang berkunjung ke Kepulauan Riau masuk melalui empat pintu masuk yakni Batam, Tanjungpinang, Bintan dan Karimun.

BACA JUGA  Nilai Ekspor Kepri Bulan Agustus "TURUN 4,45 PERSEN"

“Dan dari empat pintu tersebut jumlah kedatangan Wisman yang paling terbesar yakni berada pada pintu masuk di Kota Batam yakni sekitar 77,54 persen,” ujar Dumangar.

Dan Wisman yang berkebangsaan Singapura masih mendominasi terbanyak yang berkunjung ke Kepulauan Riau. Selama bulan Januari 2015 wisman berkebangsaan Singapura tercatat 77.001 orang atau sekitar 52,15 persen dari setiap kunjungan. Yang disusul wisman asal Malaysia dan Korea Selatan.

Selain dari jumlah kunjungan Wisman ke Kepri, penurunan pariwisata Kepri juga ditandai dengan penurunan persentase Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Provinsi Kepri pada Januari 2015 mencapai 40,35 atau turun 10,22 poin dibandingkan TKP Desember 2014 sebesar 50,58 persen. (SK-Rud)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.