NATUNA

Kunjungi 3 Kecamatan di Natuna, Gubernur Ansar Ahmad Serahkan Bantuan Rp15,35 Miliar

×

Kunjungi 3 Kecamatan di Natuna, Gubernur Ansar Ahmad Serahkan Bantuan Rp15,35 Miliar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, melanjutkan perjalanan dari di Kabupaten Kepulauan Anambas menuju Kabupaten Natuna menggunakan Kapal MV Seven Star. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna. (Foto : Ist)

NATUNA — Usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad beserta rombongan melanjutkan kegiatan silaturahmi dan halalbihalal ke salah satu kabupaten terdepan di NKRI, yaitu Kabupaten Natuna, pada Senin (6/5/2024).

Bergerak dari pelabuhan Tarempa, Anambas, pada Senin (6/5/2024) siang, Gubernur Ansar Ahmad beserta rombongan tiba di Pelabuhan Midai, Kabupaten Natuna pukul 15.00 WIB, setelah menempuh perjalanan selama 5 jam menggunakan MV Seven Star.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Setibanya di Midai, Gubernur Ansar disambut meriah oleh masyarakat setempat dengan atraksi drum band dari siswa SMA. Antusiasme masyarakat terlihat dari ramainya penyambutan di pelabuhan hingga lokasi acara.

Dari Midai, rombongan melanjutkan perjalanan maraton menyusuri laut Natuna menuju Serasan, tiba pada malam hari dan menyerahkan bantuan pada Selasa (7/5/2024) pagi.

Dari Serasan, aktivitas silaturahmi dengan masyarakat kembali dilanjutkan. Gubernur Ansar beserta rombongan membelah lautan ke Pulau Subi, yang ditempuh selama 2,5 jam, dan berakhir di Ranai.

Di seluruh kecamatan yang dikunjungi, masyarakat sangat antusias menunggu kedatangan Gubernur Kepri Ansar Ahmad beserta rombongan dengan berbagai atraksi mulai dari kompang hingga drum band.

Baik di Kecamatan Midai, Serasan, maupun Subi, berbagai bantuan diserahkan Gubernur Ansar, di antaranya bantuan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, bantuan sektor pertanian dan kelautan, bantuan sektor pendidikan, bantuan kepada perangkat desa, serta pembangunan beberapa infrastruktur, sarana, dan prasarana.

Jenis bantuan yang diberikan di Kabupaten Natuna meliputi hibah rumah ibadah, insentif kepada guru (MA, PAUD, RA, TK), insentif keagamaan (guru agama non-formal, penyuluh non-PNS, pemuka agama tetap), bantuan pertanian (alat mesin pertanian, benih cabai, benih padi, pupuk, pestisida), bantuan perikanan (BPJS untuk nelayan, pancing ulur, kawat bubu), dan bantuan sembako.

Kemudian diserahkan juga insentif untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK), insentif kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, Babinpotmar, Babinpotdirga, bantuan paket peralatan olahraga (bola voli, net voli, net takraw, bola takraw, bola kaki), bantuan transportasi laut dan darat untuk siswa SMA, bantuan subsidi SPP, bantuan untuk kepala desa, bantuan LPM, bantuan BPD, bantuan RT/RW, bantuan operasional posyandu, dan bantuan pada sektor pembangunan infrastruktur, sarana, dan prasarana.

Adapun total bantuan yang diberikan di Kabupaten Natuna di tiga kecamatan senilai Rp15,35 miliar, dengan rincian Kecamatan Midai senilai Rp4,71 miliar, Kecamatan Serasan Rp4,41 miliar, dan Kecamatan Subi Rp6,23 miliar.

Gubernur Ansar Ahmad mengatakan, sebagai kabupaten yang merupakan beranda terdepan NKRI, berbagai bantuan yang diberikan diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat.

“Berbagai bantuan kita berikan ini bertujuan membantu masyarakat. Sebagai contoh, pada bulan Juli ini biaya SPP bagi SMA/SMK/SLB akan digratiskan sehingga meringankan beban orangtua. Begitu juga pada guru, terus kita berikan insentif agar semakin semangat membentuk generasi emas Kepri,” ujarnya.

Gubernur Ansar juga memaparkan berbagai program unggulan dan program strategis yang sudah dan sedang digesa, mulai dari pembangunan rumah singgah di Jakarta dan Batam, program strategis di bidang pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan masyarakat.

“Program-program ini dibuat untuk masyarakat, sehingga penting bagi masyarakat untuk mengetahui dan memanfaatkannya,” jelas Gubernur Ansar.

Kepada masyarakat Natuna, Gubernur Ansar memohon doa dan dukungan agar berbagai rencana pembangunan di kabupaten ini bisa bertambah setiap tahunnya sehingga masyarakat merasakan manfaat kehadiran pemerintah.

“Walau dengan anggaran terbatas, Pemprov Kepri selalu mengusahakan agar setiap kabupaten/kota di Kepri tetap mendapatkan porsi pembangunan yang diharapkan, baik dari segi pendidikan, pertanian, kelautan, perikanan, infrastruktur berupa jalan dan transportasi, serta berbagai kebutuhan dasar masyarakat lainnya. Oleh karena itu, tidak henti-hentinya kami mengunjungi berbagai kementerian di pusat agar berkolaborasi untuk akselerasi pencapaian pembangunan di Kepri,” pungkasnya.

Turut mendampingi Gubernur Ansar, Anggota DPRD Kepri Mustamin Bakri dan Harry Yanto, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala BKAD Kepri Venni Meitaria, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, Kepala Dinas Perkim Kepri Said Nursyahdu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri Said Sudradjat, Kepala Dinas ESDM Kepri M Darwin, Kepala DKP2KH Kepri Rika Azmi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri Muhamad Ikhsan, Kadis PMD Dukcapil Kepri Misbardi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Riki Rionaldi, Kepala Biro Pemerintahan Kepri Zulhendri, Kepala Biro Adpim Kepri Dody Sepka, Kepala Biro Kesra Kepri Aiyub, dan Kepala Biro Umum Kepri Abdullah. ***

(zah)