, ,

Kurma Tropis “AKAN DIKEMBANGKAN” di Dompak

oleh
Kurma Tropis “AKAN DIKEMBANGKAN” di Dompak 1
Sekda Kepri T S Arif Fadillah mencoba kurma yang sukses di Thailand. (Foto : Ist)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Kurma Tropis “AKAN DIKEMBANGKAN” di Dompak

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Saat ini, beberapa negara, seperti Thailand, berhasil mengembangkan budi daya kurma tropis. Selain Thailand, keberhasilan juga terjadi di beberapa kota di Indonesia. Salah satu Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Keberhasilan ini, ternyata mendapat respon positip petinggi di wilayah Kepri. Salah satu datang dari Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah. Arif mengharapkan budi daya kurma tropis dilakukan di sekitar Masjid Dompak dan di kawasan kantor Pemprov Kepri.

”Pak Sekda telah memerintahkan staf, agar langsung dikoordinasikan untuk penanaman pohon kurma di Masjid Dompak dan di Kawasan Kantor Pemprov Kepri,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Provinsi Kepri, Ahmad Izhar, saat bertemu di Koperasi Syariah Kurma Bintan, salah satu pihak yang saat ini tengah mengembangkan budi daya kurma tropis di wilayah Kabupaten Bintan.

Sementara, usai pertemuan, Sarwito, pengelola Koperasi Syariah Kurma Bintan, mengatakan, pihaknya telah melakukan persentase ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Kepri.

Dalam persentase ini, pria akrab disapa Wito tersebut mengatakan, lahan Kepri juga cocok untuk pengembangan budi daya kurma tropis. Bahkan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan di Bintan.

“Tentu bisa berbuah. Sebab Thailand yang notabene daerah tropis, seperti Indonesia, telah berhasil mengembangkannya. Dengan bibit yang sama dan berada di daerah yang sama, tentu Insha Allah bisa berbuah,” jawab Wito. (wak tung)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner