Lagi, Gubernur Ansar Terima Penghargaan, Kali Ini Penghagaan Katagori “Inovatif Untuk Negeri”

oleh
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menerima penghargaan Merdeka Award tahun 2022. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyampaikan kata sambutan usai menerima penghargaan Merdeka Award tahun 2022. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Piala Merdeka Award tahun 2022. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Jakarta — Baru berapa tahun menjabat Gubernur Kepulauan Riau, tidak ada hentinya Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menerima penghargaan. 

Kali ini Gubernur Ansar menerima Penghargaan Kategori “Inovatif Untuk Negeri” dari merdeka.com, dalam ajang Merdeka Award tahun 2022, dengan tema Inspirasi Indonesia, di Gedung Smesco, Paviliun Provinsi, Jakarta, Kamis, 23 Juni 2022. 

Penghargaan yang terima Ansar Ahmad karena dinilai telah mampu memberikan inspirasi dengan berbagai inovasinya selama memimpin Kepri. 

Tidak hanya menginspirasi masyarakat Kepri, namun mantan anggota DPR RI ini dinilai telah memberi inspirasi bagi bangsa Indonesia atas berbagai inovasinya.

Gubernur Ansar, dalam sambutannya, mengatakan, penghargaan yang diterima tersebut merupakan hal yang membanggakan dan membahagiakan dalam rangka mentranspformasi berbagai informasi. 

Penghargaan ini, lanjut Ansar Ahmad, akan didedikasikan kepada seluruh masyarakat Kepri, dengan harapan, penghargaan dimaksud bisa memacu untuk terus berinovasi-inovasi yang menginspirasi. 

“Di era saat ini transformasi digital adalah sebuah keniscayaan. Sebagai daerah Kepulauan, Kepri memiliki 2.408 pulau, 378 diantaranya berpemghuni dan sebanyak 22 pulau berada di garis terdepan. Jika kita tidak kreatif, tidak inovatif dan produktif, kita akan tertinggal jauh dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia,” kata mantan Bupati Bintan 2 periode ini. 

BACA JUGA  Suasana Hening Selimuti Kediaman Almarhum Gubernur Sani “DUTA MAS”

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar juga mengucapkan terima kasih kepada Merdeka.com atas apresiasinya melalui kegiatan tahunan yang dilakukan berupa Merdeka Award. 

“Semoga kegiatan ini berlanjut terus, dan setiap apresiasi yang diberikan bisa menjadi pondorong bagi lembaga yang menerima. Sekali lagi terima kasih atas apresiasinya dan jadilah media yang lebih profeaional, independen dan berimbang dalam pemberitaan,” harap Ansar. 

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sebagai penerima penghargaan kategori award ‘Inovasi Anak Negeri’ dinilai dari beberapa kriteria yang meliputi, antara lain, pertama Program Inovasi Penggerak Ekonomi. 

Dalam hal ini yang paling menonjol adalah program Subsidi Bunga Modal UMKM dengan bunga nol persen. Pelaku UMKM hanya mengembalikan pinjaman pokok. Bunga dari pinjaman modal ditanggung Pemprov Kepri. 

Kedua, Program Inovatif di bidang Pelayanan Publik. Keberhasilan program pelayanan publik di Pemprov Kepri bisa dinilai secara digitat seperti layanan Japri Gub (Jaring Aspirasi Gubernur), yakni sebuah Aplikasi pengaduan, wadah penyampaian aspirasi masyarakat kepada Gubernur Kepri. 

Lalu, ada Aplikasi Video Conference yang dapat  dimanfaatkan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda serta para OPD dilingkungan Pemprov Kepri untuk berhubungan dengan masyarakat 

BACA JUGA  Nurdin Buka MTQ Ke X Kota Tanjungpinang

Penilaian lainnya adalah Program Inovativ Pendukung Digitalisasi. Adapun Proses Izin Dengan Jarimu atau SI JEMPOL sebuah Aplikasi dibuat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu. 

Aplikasi ini dinilai baik, familiar, memudahkan dalam pelayanan dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Kemudian ada aplikasi Mi Bedil SIMA-PK (Media Informasi Berbasis Digital Sistem Manajemen-Pendidikan Kepri). 

Kemudian ada SIMANJA  (Sistem Informasi Manajemen Kinerja), E-DISPOSISI yang berguna untuk Aplikasi disposisi surat beserta catatan yang diperintahkan pimpinan kepada instansi terkait 

Hal lainnya yang mengantarkan Gubernur Ansar menerima menghargaan adalah dari unsur penilaian Progran Kolaborasi. 

Hal ini mengingat, kolaborasi yang baik antara Pemprov Kepri dan Tokopedia menghadirkan fitur layanan Tokopedia E-Samsat. Dengan cara ini, pembayaran pajak kendaraan lebih cepat dan efisien. 

Selain itu, kolaborasi antara Pemprov Kepri dan Bank Riau Kepri, dimana semua bentuk transaksi di Pulau Penyengat menggunakan metode QRIS. Perbelanjaan UMKM, pembayaran transportasi penyeberangan dan keliling pulau penyengat, pembayaran zakat, infaq dan sedekah. 

Hadir dalam kesempatan itu untuk menerima penghargaan yang sama, diantaranya Sekretaris Mahkamah Agung, Hasbi Hasan, Sesmenko Bidang Kemaritiman, Kemenkomarves Ayodya GL Kalake, Kabag Humas dan Protokol Pemkot Semarang, RR Dwi Setyowati dan Direktur BTN, Andi Nirwoto. 

BACA JUGA  Dewan Minta Gubernur Beri Teguran Tertulis “KEPADA KEPALA BKD KEPRI”

“Sekali lagi terima kasih. Apresiasi ini jelas memberi nilai lebih bagi kami dan masyarakat Kepri. Juga akan menjadi motivasi kita semua agar terus  berinovasi dan berkreasi,” pungkas Ansar. (Red)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.