Lanal Ranai Gelar Upacara “PERINGATAN HARI PAHLAWAN”

oleh
Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, seluruh prajurit TNI AL Ranai, Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I, beserta pengurus dan siswa-siswi dari SMA 2 Bunguran Timur melaksanakan tabur bunga di atas Kapal Patroli TNI AL yaitu KAL PANDA - II.4.24. (Foto : Penlanal)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

Lanal Ranai Gelar Upacara “PERINGATAN HARI PAHLAWAN”
– Dan Tabur Bunga di Atas Kapal Patroli KAL PANDA – II.4.24.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dengan mengambil tema “Semangat Pahlawan di Dadaku”, Pangkalan TNI Angkaran Laut Ranai melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018, bertempat di Pos TNI AL Penagi, Sabtu, (10/11/2018).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut Harry Setyawan SE, sementara sebagai Komandan Upacara dipimpin Kapten Laut (KH) Galih Umbara SH.

Pada kesempatan itu, Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut Harry Setyawan SE, dalam sambutannya membacakan amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasamita, menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 November 2018 Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah Bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

BACA JUGA :  Danlanal Ranai Terima Kunker Danlantamal IV

Prosesi peringatan Hari Pahlawan, khususnya pengibaran bendera merah putih, serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik dengan membunyikan sirine, seperti yang saat ini kita lakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri.

Peringatan Hari Pahlawan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara di hati sanubari Bangsa Indonesia.

Peringatan Hari Pahlawan ini menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

BACA JUGA :  Kakek Juran Ditemukan Dalam Keadaan Tewas

Meskipun pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan diguyur hujan, tetapi tidak mengurangi rasa khidmat, prajurit TNI AL Ranai tetap semangat mengikuti jalannya upacara Hari Pahlawan sampai selesai.

Selesai pelaksanaan upacara, Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, seluruh prajurit TNI AL Ranai, Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I, Ny Winny Setyawan beserta pengurus dan siswa-siswi dari SMA 2 Bunguran Timur melaksanakan tabur bunga di atas Kapal Patroli TNI AL yaitu KAL PANDA – II.4.24.

Pelaksanaan prosesi tabur bunga bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan hak dan mempertahankan kedaulatan NKRI. (nard/r)

 

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.