Lingga Akan Nikmati “LAYANAN AKSES DATA SUPER CEPAT”

oleh -49 views
height="100%"

LINGGA (SK) — Kabupaten Lingga masih berpeluang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pengelolaan menara telekomunikasi, karena Lingga telah memiliki Perda Nomor 7 tahun 2015, tentang menara telekomunikasi ini.

“Namun belum cukup kuat. Untuk itu, beberapa poinnya termasuk soal retribusi, harus direvisi kembali,” ungkap Adi Setiawan, Kepala Sub Bagian Komunikasi, di Bagian Kominfo dan Humas, Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Jumat, (06/01/2017), kemarin.

Pihaknya sejauh ini, kata Adi Setiawan, sudah mulai mempersiapkan usulan revisi Perda Tower tersebut, dan diusahakan akan rampung sebelum pertengahan tahun 2017. Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) revisi Perda telah masuk dalam APBD 2017, akan diupayakan secepatnya.

Lanjutnya lagi, mengenai besaran retribusi yang akan diusulkan nantinya, tergantung dari berapa besar anggaran daerah yang digunakan pada kegiatan pengendalian atau monitoring. Saat ini jumlah menara telekomunikasi milik swasta di wilayah Kabupaten Lingga ada 52 tower, jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah, seiring peningkatan kualitas jaringan data 3G ke 4G.

Tambahnya, Bahkan untuk tahun ini juga, Telkomsel telah berencana menambah menara telekomunikasi khusus untuk mengaktifkan jaringan data 4G di Dabo Singkep.

“Pihak Telkomsel telah menghubungi kami, mereka berencana mengusulkan penambahan tower jaringan 4G, untuk lokasinya mereka sudah tentukan yakni, di sekitar Desa Batu Berdaun. Jika terealisasi, tentunya masyarakat Lingga akan dapat menikmati layanan akses data super cepat,” paparnya.

Adi Setiawan berharap, revisi Perda Nomor 5 tahun 2017 yang diusulkan tersebut, dapat terlaksana dengan baik, serta dapat diterapkan secepat mungkin, hal ini untuk meningkatkan pendapatan daerah,

“Kontribusi tersebut lumayan besar untuk PAD Kabupaten Lingga,” tandasnya. (SK-Pus)

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400