Lis Minta Pihak PLN dan Dinas Terkait Segera Atasi Masalah Listrik di Kampung Beringin

oleh
Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Kepri, Lis Darmansyah. (Foto : Revi Antoni)

Tanjung Pinang, Sijori Kepri — Terkait permasalahan Listrik yang terjadi di Kampung Beringin, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, yang hingga saat ini belum teraliri oleh pihak PLN, mendapat tanggapan langsung dari Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Kepri, Lis Darmansyah.

Lis mengatakan, sudah 77 tahun Indonesia ini merdeka, namun masih ada Masyarakat Indonesia, khususnya warga Kampung Beringin, Kabupaten Bintan, yang belum Merdeka, dikarenakan Warga Kampung Beringin hingga saat ini belum teraliri listrik.

“Seharusnya untuk wilayah Pulau Bintan, sudah tidak tidak ada lagi Desa-Desa yang tidak teraliri dengan Listrik. Apalagi di daerah Desa Kuala Sempang, yang dekat dengan konektivitas antara Kota Tanjung Pinang dan Kota Batam,” kata Lis, saat dijumpai di Kantor DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Senin, 12 September 2022.

Menurut Lis, jika di dearah Desa Kuala Sempang masih ada yang belum teraliri listrik, artinya ada hal-hal yang janggal. 

“Jika ada daerah sana (Desa Kuala Sempang, Red) yang masih belum teraliri listrik, berarti ada hal-hal yang janggal aja menurut saya,” ujar mantan Wali Kota Tanjung Pinang.

Bersamaan dengan itu, Lis juga sempat menghubungi Instansi terkait, seperti Dinas ESDM (Energi Dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Kepri, DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Provinsi Kepri dan Pihak PLN. 

Lis meminta agar permasalahan Listrik di Kampung Beringin ini segera ditindaklanjuti. 

“Saya sudah menghubungi Kepala Dinas LHK Provinsi Kepri, Hendri. Dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri, Muhammad Darwin, untuk memfollow-up ulang terkait permasalahan di Kampung Beringin,” ungkap Lis.

Kepada pihak PLN, Lis minta untuk segera menyurati Kementerian LHK pusat, dan segera mungkin agar membuat progres dalam penanganan permasalahan Listrik di Desa Kampung Beringin.

BACA JUGA :  Gubernur Ansar Lantik Roby Kurniawan Jadi Bupati Bintan Definitif Gantikan Apri Sujadi

“Kita minta dalam progres yang tidak terlalu lama. Di tahun ini juga masalah ini bisa selesai. Karena ini untuk kepentingan masyarakat yang berada di pedesaan,” pintanya.

Selain itu, Lis juga meminta agar Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, memberikan perhatian khusus terkait permasalahan ini. Ditambah lagi daerah Kampung Beringin adalah wilayah Gubernur.

“Disini, Pak Gubernur lah yang harus memberikan perhatian khusus kepada masyarakat Bintan. Karena, apa lagi kabupaten Bintan adalah wilayah pak Gubernur, yang dulu 2 (dua) periode  menjabat menjadi Bupati Bintan,” pungkas Lis. 

Sebelumnya diberitakan, puluhan warga Kampung Beringin, Kabupaten Bintan, merasa kecewa oleh pihak PT PLN. Karena hingga saat ini masih ada rumah yang belum tersambung aliran listrik, padahal tiang listrik dan kabel jaringan sudah terpasang oleh instansi Biro PLN.

Terkait permasalahan listrik ini, Warga Kampung Beringin meminta, agar Bupati Bintan dan Gubernur Kepulauan Riau Turun Tangan langsung ke Kampung Beringin yang terletak di Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Rabu, 7 September 2022.

“Tolong pak Bupati Roby dan pak Ansar turun tangan dong dalam permasalahan ini, jangan hanya memberi janji saat Pilkada yang mensejahterakan warga, jika untuk penerangan saja tidak bisa dibantu,” ujar Sum, salah satu tokoh masyarakat Kampung Beringin.

Warga yang selama ini mengandalkan pembangkit listrik tenaga surya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Merasa kecewa dan marah, karena sudah mengeluarkan uang peribadi agar rumah mereka teraliri listrik. Namun hingga saat ini, belum juga bisa menikmati penerangan aliran listrik. 

BACA JUGA :  Masyarakat Kepri Berharap SANUR Tepati Janji

Terkait masalah ini, Ketua RW Kampung Beringin yang akrab disebut Stiyo membenarkan hal tersebut. 

“Ada puluhan rumah yang saat ini belum masuk listrik, padahal warga sudah mengeluarkan sejumlah besar uang pribadinya. Agar rumah mereka bisa masuk aliran listrik dari PLN,” tuturnya.

Stiyo juga menjelaskan, dari sekira 100 KK warga di Kampung Beringin, 80 persen sudah masuk aliran listrik dari PLN, tetapi untuk 13 rumah belum teraliri sampai sekarang. 

13 rumah ini sudah memasang sendiri instalasi Listrik, dan membayar ongkos pemasangan jaringan sendiri. Uang yang mereka keluarkan cukup lumayan besar, untuk Per KK(Kepala Keluarga, Red).

“Padahal setiap rumah yang ada disini, sudah memasang instalasi listrik, membayar ongkos pemasangan jaringan, membayar sertifikat SLO dan juga membayar meteren. Tapi sampai saat ini, rumah warga masih belum juga masuk aliran listrik,” jelasnya

Selain itu, Ketua RT Rozikin, juga mengatakan, bawa untuk pemasangan tiang listrik dan kabel jaringan sudah terpasang oleh instansi Biro PLN. 

“Untuk tiang listrik sendiri sudah ditegakkan oleh warga sini, dan kabel jaringannya dipasang oleh Biro. Untuk saat ini tiang listrik dan kabel jaringan sudah terpasang semua. Tetapi untuk arus listrik masuk ke rumah-rumah warga, kami masih belum tahu lagi entah kapan,” kata Rozikin.

Rozikin menambahkan, terkait permasalahan listrik ini, juga sudah diketahui oleh mantan Kepala Desa Kuala Sempang, M Hatta. Karena mantan Kepala Desa Hatta saat menjabat, ia juga ikut berkontribusi dalam hal ini. 

“Untuk membantu warga Kampung Beringin, Pak Hatta mendapatkan tiang listrik dan sejumlah kabel jaringan yang diambil dari pulau Nombeng,” tambah Rozikin.

BACA JUGA :  Polairud Polres Karimun Tangkap 2 Penyelundup 24.000 Rokok Tanpa Cukai

Terkait masalahan ini, Plt Kepala Desa Kuala Sempang, Iman Apriansyah, mengatakan, bawah dirinya sudah mengajukan permohonan kepada pihak PLN, dalam bentuk surat. Namun, sampai saat ini tidak ada respon positif dari pihak PLN.

“Kami juga sudah memberikan surat kepada PLN terkait permasalahan Listrik di Kampung Beringin. Tetapi sampai saat ini, kami tidak mendapatkan balasan sepucuk surat pun,” kata Iman Apriansyah.

Hal serupa juga disampaikan oleh mantan kepala Desa M Hatta. Saat menjabat, dia mengaku bahwa sudah beberapa kali menyurati kepada PLN terkait masalah Aliran Listrik di KP Beringin. Tetapi sampai masa jabatannya habis tidak kunjung mendapatkan respon dari PLN.

“Saya sudah Surati PLN terkait masalah ini, tetapi sampai detik ini tidak ada tanggapan dari pihak PLN,” keluhnya.

Harapan warga Kampung Beringin, kepada Bupati Roby Kurniawan dan Gubernur Ansar agar dapat turun tangan dalam permasalahan ini. Karena untuk ditingkat Desa tidak mendapatkan respon positif oleh pihak PLN. (Raf)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.