Mantan Wakil Bupati Lingga Diduga Tersandung Kasus Dana Bansos

oleh

LINGGA (SK) — Drs Abu Hasim MM, Mantan Wakil Bupati Lingga, dilaporkan Nasional Corruption Watch (NCW) Kepri ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, hal ini terkait penggunaan dana Bansos Tahun 2013 sebesar 1,3 Milyar, dimana saat itu, ianya (Abu Hasim-Red) masih menjabat sebagai Wakil Bupati Lingga.

Ketua NCW kepri, Mulkan, menuturkan, Selain melaporkan masalah ini ke Kejati kepri, Pihaknya juga telah mengadukannya ke PPATK tentang aliran dana Bansos, karena di duga ada penyimpangan.

“Prosedur yang semestinya, dalam pencairan Bansos dana hibah seharusnya melalui SKPD terkait, tapi dana tersebut malah masuk ke rekening pribadi Wabup,” ujarnya Mulkan perwakilan NCW Lingga, kepada Wartawan, Senin (21/9/2015).

Mulkan menambahkan, untuk itu, kita Perwakilan NCW Lingga telah mengantongi bukti hasil audit BPK Tahun 2013, terkait penggunaan dana Bansos tersebut.

“Diduga Penggunaan dana tersebut tidak ada LPJ nya, serta Laporan kegiatan dan pertanggungjawaban, berdasarkan temuan-temuan ini, kita melaporkannya ke Kejati Kepri, Senin (14/9/2015) lalu,” terangnya.

Terkait Laporan ke PPATK, pihak NCW meminta agar lembaga dapat menelusuri terkait rekening pribadi mantan Wakil Bupati Lingga tersebut.

BACA JUGA  Tilap Uang Bansos, Mantan Anggota DPRD Kepri di Tuntut 5 Tahun Penjara

“Kita minta PPATK dapat menelusuri rekening pribadinya,” ujarnya.

Mantan Bupati Lingga, Drs Abu Hasim MM, saat dikonfirmasi terkait masalah ini, hingga berita ini dirilis, belum juga memberikan tanggapan apapun, pesan singkat yang dikirim meski masuk, namun, belum dibalas.

Dari informasi yang diterima, Abu Hasim semasa masih menjabat sebagai Wakil Bupati Lingga, beliau memang di percaya untuk mengelola dana hibah Bansos, yakni, untuk kegiatan pramuka dan dana lembaga pengembangan tilawati Qur-an(LPTQ) yang dianggarkan setiap tahunnya dari APBD Lingga, yang angkanya mencapai Miliyaran Rupiah. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Drs Abu Hasim MM, mantan Wabup Lingga (Photo : Istimewa)
Drs Abu Hasim MM, mantan Wabup Lingga (Photo : Istimewa)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.