Masyarakat Dabo Keluhkan Kurangnya Fasilitas RSUD Dabo

oleh

LINGGA (SK) — Berbagai fasilitas penunjang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo Singkep, mulai dikeluhkan masyarakat, mulai dari tidak adanya dokter spesialis, ronsen, obat-obatan dan lainnya sepertinya menghilang dari RSUD Dabo.

Menanggapi hal ini, mantan Anggota Komisi III DPRD Lingga, Rudi Purwonugroho SH, menuturkan, kalau memang berbagai fasilitas tidak lagi dipunyai RSUD dabo untuk apa dipertahankan, kembalikan saja ke fungsinya semula menjadi Puskesmas.

“Sehingga dengan dikembalikan fungsi menjadi Puskesmas, mungkin pelayanan terhadap masyarakat lebih dapat maksimal, tidak seperti sekarang namanya saja RSUD namun pelayanan terhadap masyarakat tidak maksimal,” ujar Rudi, kepada Sijori Kepri, Selasa (4/8/2015).

Syarat sebuah RSUD, tutur Rudi, adanya dokter spesialis, bila dokter spesialis, ronsen dan obat-obatan tidak ada, untuk apa dipertahankan sebuah RSUD. Kalau masyarakat datang berobat namun obatnya tidak ada, bagus mereka pergi ke praktek yang jelas ada obatnya meski pun untuk itu mereka bayar sedikit lebih mahal, dari pada berobat ke RSUD namun obat harus mereka tebus diluar.

BACA JUGA  Direktur RSUD : Pasien BPJS Beli Obat di Luar “BIAYANYA DI GANTI”

“Sekarang ini bisa kita lihat apa yang dapat ditangani oleh RSUD, pasiennya lebih banyak dirujuk ke Tanjungpinang, dari pada ditangani di RSUD Dabo, hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas yang ada di RSUD Dabo, kita tidak bisa menyalahkan pegawai RSUD, untuk tunjangan mereka saja tidak ada, bagaimana mereka dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat kalau segala sesuatunya tidak menunjang,” terangnya.

Hendaknya, ucap Rudi, Pemerintah Daerah, yakni, eksekutif dan legislatif dapat merespon dengan mencari solusi untuk masalah ini, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak, percuma dulu kita membayar seorang dokter spesialis hingga Rp 25 juta per bulan, namun tetap saja pasien tidak dapat tertangani, apalagi sekarang dokter spesialis tidak ada lagi.

“Selain itu, masalah RSUD ini harus menjadi perhatian bagi pemerintah nantinya, siapa pun yang menjadi pemimpin negeri ini, agar dapat memprioritaskan masalah RSUD Dabo,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Masyarakat Dabo Keluhkan Kurangnya Fasilitas RSUD Dabo (Photo : Puspandito)
Masyarakat Dabo Keluhkan Kurangnya Fasilitas RSUD Dabo
(Photo : Puspandito)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.