Masyarakat Siantan Tengah Keluhkan Air Bersih dan Internet

oleh

ANAMBAS (SK) — Hari ini Pejabat Sementara Bupati Kepulauan Anambas Eko Sumbaryadi melakukan kegiatannya dengan agenda Kunjungan Kerja dan Silahturahmi dengan masyarakat Kecamatan Siantan Tengah, didampingi oleh Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Asisten II Pemerintahan, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Pjs Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Sekretaris Pariwisata, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Sekretaris Sosial, Sekretaris Pekerjaan Umum, Pjs Kepala Bappeda, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) ,Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler beserta rombongan,Tarempa, Desa Air Asuk, (9/9/2015).

Rombongan berangkat pada pukul 08.00 dari pelabuhan Pemerintah Daerah menuju Kecamatan Siantan Tengah menggunakan Kapal Fery, sekitar setengah jam sampai ketempat tujuan. acara dimulai dari pukul 09.00 Wib sampai pukul 12.00 Wib.

Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Camat Siantan Tengah Hery Fahrizal mengatakan, bahwa banyak persoalan yang disampaikan kepadanya dari masyarakat terkait pembangunan infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan bantuan sosial lainnya.

BACA JUGA  Beginilah Nasib Penumpang “FERRY MV SEVEN STAR”

“Yang paling utama yang dikeluhkan oleh masyarakat adalah kebutuhan dasar, yaitu air bersih, dimana selama ini air bersih menjadi kendala bagi masyarakat Siantan Tengah, bahkan masyarakat kami yang membutuhkan air terpaksa harus membeli air sebesar 25.000/200 liter. Kebutuhan masyarakat terkait air tidak cukup dengan 200 liter perharinya paling sedikit hampir 500 liter, artinya masyarakat harus mengeluarkan anggaran tambahan untuk keperluan rumah tangganya. Disini saya meminta bantuan kepada Pak Bupati agar dapat memprioritaskan anggaran yang bakal dibahas dalam waktu dekat ini, agar anggaran di Siantan Tengah jangan terlalu banyak di pangkas terutama tentang air bersihnya,” jelasnya.

Adapun penyampaian dari perwakilan masyarakat tentang pendidikan yang disampaikan oleh Pelaksana tugas Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Fitri Andriani mangatakan, bahwa daya minat anak sekolah di Siantan Tengah sangat rendah sekali.

“Daya minat anak sekolah sangat rendah disebabkan anak-anak didik kami beralasan untuk memanjat cengkeh saja upahnya bisa mendapatkan uang Rp 200.000 perharinya dan banyak anak didik kami tidak berangkat ke sekolah,” ujarnya.

BACA JUGA  Wakili Gubernur, Pj Sekda Kepri Saksikan Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024, Cek Jadwalnya Pemilu 2024 Disini

Dia menyampaikan kepada Pejabat Sementara Bupati Kepulauan Anambas, agar dapat mencarikan solusinya, agar anak-anak didik disini mempunyai daya minat sekolah yang tinggi, sementara fasilitas sekolah yang dibutuhkan tidak terpenuhi, salah satunya akses internet.

“Akses internet bagi kami sangat dibutuhkan, karena saat ujian kami sering ketinggalan dari daerah lainnya dan program dari pemerintah pusat yaitu sekolah berbasis internet tidak akan pernah tercapai, jika tidak ada upaya dari pemerintah untuk melakukan penambahan daya internet maka saya pastikan sekolah ini akan ketinggalan terus,” imbuhnya.

Menanggapi keinginan yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat dari Kepala SMK 1, Pejabat Bupati Kepulauan Anambas Eko Sumbaryadi menyambut baik atas penyampaian tentang kebutuhan internet. Dan ia berjanji akan berjuang dan menjaga dalam pembahasan nantinya, agar kebutuhan yang diperlukan oleh sekolah tersebut dapat terwujud, karena tidak mungkin lagi sekolah itu tidak ada internet dan ini permintaan yang masuk akal bukan muluk-muluk perlu diprioritaskan.

Setelah Silahturahmi bersama masyarakat Siantan Tengah, Bupati berkunjung ke makam Keramat Siantan yang terletak di Desa Teluk Siantan, dari pelabuhan menggunakan sepeda motor bupati sampai ke makam tersebut sekitar 15 menit.Hampir satu jam meninjau ke makam, Bupati langsung meninjau ke tempat penakaran atau budidaya ikan air laut terdiri diri dari Ikan Napoleon dan Kerapu. Sekitar pukul 15.00 para rombongan Bupati kembali ke Kota Tarempa. (SK-Ind)

BACA JUGA  Dewan Sampaikan “TUJUH TUNTUTAN NELAYAN ANAMBAS”

LIPUTAN ANAMBAS : INDRA GUNAWAN
EDITOR : RUSMADI

Pejabat Bupati Anambas Eko Sumbaryadi.(Photo : Indra Gunawan)
Pejabat Bupati Anambas Eko Sumbaryadi.
(Photo : Indra Gunawan)
Para Kepala SKPD dan masyarakat Siantan Tengah.(Photo : Indra Gunawan)
Para Kepala SKPD dan masyarakat Siantan Tengah.
(Photo : Indra Gunawan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.