Mengurus KTP dan KK, Warga Bintan Tidak Perlu ke Tanjungpinang Lagi

oleh -634 views
Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, mengunjungi Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan di Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu. (Foto : Ist)
height="100%"

Mengurus KTP dan KK, Warga Bintan Tidak Perlu ke Tanjungpinang Lagi

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Warga Bintan boleh berbangga. Kini, pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) tidak perlu ke Kantor Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan di Tanjungpinang lagi, karena kantornya telah pindah ke pusat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bintan di Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu.

Peresmian operasional kantor Disdukcapil Bintan, dilakukan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Rabu, (23/01/2020).

Dalmasri mengatakan, pemindahan kantor Disdukcapil ke Bintan Buyu ini merupakan komitmen dan keseriusan memangkas pelayanan. Pemkab Bintan ingin masyarakat bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan, termasuk pencatatan kependudukan, KTP dan KK.

Pemindahan kantor ini juga merupakan pemusatan aktivitas kerja Pemerintahan di Bandar Seri Bentan.

“Di sini sudah bisa melayaninya, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mengurus ke Tanjungpinang” tambahnya.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Bintan, Ismail, mengatakan, Disdukcapil Bintan terus berinovasi untuk kemudahan pelayanan. Saat ini, semua pelayanan menuju sistim pelayanan online. Dengan pelayanan administrasi kependudukan berbasis online ini merupakan hal yang telah lama dipersiapkan.

“Secara geografis, letak wilayah Bintan berjauhan. Warganya menyebar di setiap wilayah. Kita sangat paham, jaraknya bisa puluhan kilometer. Jadi, kalau bisa pelayanan online jadi lebih mudah. Sekarang sedang uji coba dan sosialisasi. Kalau sudah berjalan, tinggal diakses, daftarkan lalu ikuti panduan atau petunjuk di dalamnya,” paparnya.

Masyarakat Bintan, akan dapat mengakses melalui Smartphone-nya. Setelah dibuka, daftarkan dan pilih untuk kepengurusan yang akan dilakukan, dan selanjutnya unggah semua persyaratan yang tertera berbentuk file foto. Semua berkas tersebut akan diverifikasi Tim Disdukcapil. Setelah semua persyaratan terpenuhi, permintaan akan segera dicetak dan masyarakat langsung datang ke kantor Disdukcapil membawa persayaratan aslinya untuk mengambil surat kependudukan yang telah dicetak.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bintan, Al Mahfuz, menambahkan, masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan, terutama masyarakat yang berdomisili di Tanjung Uban, Seri Kuala Lobam, Teluk Sebung dan juga masyarakat yang dekat dengan lokasi pusat pemerintahan Bintan Buyu, dapat mengurusnya di Bintan Buyu.

Bagi masyarakat yang dari Kijang, Bintan Pesisir, Tambelan dan masyarakat yang masih mau ke Disdukcapil Bintan yang berkantor di Tanjungpinang pun dapat mengurus di tempat ini dan tetap dilayani.

Pegawai Disdukcapil 75 persen akan bertugas di Bintan Buyu, dan selebihnya masih tetap melayani dikantor Disdukcapil Bintan di Tanjungpinang.

“Sifatnya hanyalah untuk memperpendek masyarakat yang jauh untuk pengurusan ini, dan untuk validasi masih tetap di Tanjungpinang,” pungkasnya. (Wak Tar)

Click to rate this post!
[Total: 7 Average: 4.4]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400