Meriahkan Tahun Baru Islam, Hari Ini Pemprov Kepri Ajak Masyarakat Saksikan Pawai Muharram dan Tabligh Akbar

oleh
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau (Kadis Kominfo Kepri), Hasan. (Foto : Ist)

Tanjung Pinang, Sijori Kepri — Hari ini, Ahad, 31 Juli 2022, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) mengajak seluruh masyarakat Kepulauan Riau, khususnya Kota Tanjung Pinang dan Kabupaten Bintan, untuk menyaksikan Pawai Muharram dan Tabligh Akbar, dalam rangka memeriahkan dan menyambut Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriah.

Adapun tema 1 Muharram tahuni ini, yakni ‘Tahun Baru 1444 H Momentum Penguatan Keimanan, Persatuan, dan Kesatuan Bangsa Bangkit Negeriku Berkah Negeriku’, Pemprov Kepri akan menggelar Pawai Muharram yang diisi dengan penampilan mobil hias, marawis, drum band, dan marching band.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau (Kadis Kominfo Kepri), Hasan S.sos, mengajak seluruh masyarakat Kepri untuk menyaksikan Pawai Muharram yang akan dipusatkan di tepi laut Tanjung Pinang.

Selain Pawai Muharram, Pemprov Kepri juga menggelar Tablig Akbar di Gedung Daerah, dengan mengundang penceramah Dr Ali Mochtar Ngabalin dari Jakarta.

“Karena sudah 2 (dua) tahun Pawai Muharram ini tidak kita laksanakan karena pandemi, tahun ini bisa kita gelar lagi Pawai Muharram. Maka dari itu, masyarakat harus ikut ramai-ramai menyaksikan peringatan Tahun Baru Islam,” kata Hasan, di Tanjungpinang, kemarin.

Menurut Hasan, Pemprov Kepri dari jauh-jauh hari telah menyiapkan berbagai persiapan untuk Pawai Muharram ini.

Hasan mengungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri (Sekda Kepri), Adi Prihantara dan Ketua BKMT Kepri, Dewi Kumalasari Ansar yang memimpin langsung persiapan Pemprov Kepri menyambut 1 Muharram 1444 H.

Dalam kegiatan Pawai Muharram ini, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kepri juga berencana membekali barisan dengan slogan-slogan, bendera, tulisan asmaul husna, pesan-pesan moral yang isinya mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Adapun rute Pawai Muharram akan dimulai dari Kantor Lama Wali Kota Tanjung Pinang dan selesai di Gedung Daerah, Tanjung Pinang.

Hasan menambahkan, masyarakat yang tidak bisa menyaksikan langsung Pawai Muharram tidak perlu khawatir, karena Pawai Muharram tersebut akan disiarkan langsung secara live streaming melalui kanal YouTube Diskominfo Kepri dan juga media sosial Diskominfo Kepri.

“Untuk masyarakat Tanjung Pinang dan Bintan bisa datang langsung ke Tepi Laut untuk melihat Pawai Muharram. Untuk yang di daerah lain di luar Pulau Bintan bisa nonton langsung di YouTube Diskominfo Kepri dan juga live Facebook dan Instagram Diskominfo Kepri, jadi seluruh masyarakat Kepri bisa ikut menyaksikan,” pungkasnya. (jlu)