,

Minyak Tanah Langka di Dabo Singkep, Usaha Warga Banyak Tutup

oleh
Minyak Tanah Langka di Dabo Singkep, Usaha Warga Banyak Tutup 1
Norlian dan Rukayah mengeluh susahnya minyak tanah di Dabo Singkep. (Foto : M Ridwan)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Lingga – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Minyak Tanah (Kerosene) langka di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Akibatnya, warga menjerit karena banyak Usaha Kecil dan Menengah yang mereka kelola terpaksa tutup.

Norlian dan Rukayah, dua warga Desa Kute Singkep Pesisir Kabupaten Lingga, mengatakan, aktivitas sehari-hari mereka membuat aneka kue. Dalam pembuatannya, mengandalkan minyak tanah sebagai bahan bakar kompor tempat memasak kue.

”Akibat minyak tanah langka, kita terpaksa menutup usaha. Karena buat kue ini mengandalkan kompor berbahan bakar minyak tanah. Kalau kue kita masak dengan menggunakan kayu bakar, hasilnya kurang bagus,” sesal Norlian, Selasa, (20/7/2020).

Hal senada juga dikatakan Rukayah. Sejak usaha kuenya berhenti, sekitar dua minggu yang lalu, upaya pemenuhan kebutuhan mulai terganggu.

”Kita mengandalkan jual kue untuk menambah biaya kebutuhan hidup sehari-hari. Disebabkan minyak tanah langka, usaha terpaksa kita tutup,” katanya.

Ditanya apakah pernah menggunakan bahan bakar gas, wanita ini mengaku belum pernah.

”Seandainya di Dabo Singkep, ada penyalur gas 3 kilogram, bersubsidi, mending kami pakai gas saja. Selain murah, lebih irit lagi,” kata Rukayah.

Pemkab Lingga Diminta Ambil Sikap

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner