, ,

Moeldoko Minta Alias Welo Bentuk “HKTI TINGKAT KABUPATEN”

oleh
Moeldoko Minta Alias Welo Bentuk “HKTI TINGKAT KABUPATEN” 1
Ketua Umum DPN HKTI, Jendral TNI (Purn), Moeldoko, melantik Ketua dan Pengurus HKTI Kepri, Periode 2017-2021. (Foto : Aji Nugraha)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
– Lingga Akan Jadi Lumbung Ketahanan Pangan Nasional.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jendral TNI (Purn), Moeldoko, meminta Ketua DP HKTI Provinsi Kepri, Alias Wello, untuk segera membentuk HKTI di Tingkat Kabupaten hingga Desa, karena menurutnya HKTI harus menjadi solusi bagi para petani.

“Saya minta Ketua HKTI Kepri yang sudah dilantik, untuk segera melaksanakan konsolidasi organisasi, di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan sampai dengan Desa-Desa,” kata Moeldoko, usai melantik Ketua dan pengurus HKTI Kepri, Periode 2017-2021, di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa, (18/07/2017).

Moeldoko juga optimis, Kepri bisa menjadi lumbung perkebunan, pertanian dan perikanan berskala Nasional, dan mengharapkan agar pengurus HKTI Kepri dapat mengembangkan Poktan (Kelompok Tani) khususnya di Desa-Desa.

“Poktan di Desa-Desa yang ada di Kepri adalah ujung tombak kemajuan pertanian, dan oleh sebab itu, hendaknya segera dilakukan konsolidasi,” ujarnya.

Mengingat pasar industri Kepri yang cukup baik untuk daerah sendiri ataupun di ekspor keluar daerah dan keluar negeri, menjadi alasan yang kuat bagi Moeldoko, agar Kepri menjadi lumbung pertanian dan perkebunan sebagai industri bersekala Nasional dan Internasional.

“Pasar Kepri itu sungguh luar biasa. Kalau padi bisa, sayur apa lagi. Saya ingin jadikan lumbung padi Nasional Kepri,” ucapnya lagi.

Ditempat yang sama, Ketua DP HKTI Provinsi Kepri, Alias Welo, yang juga sebagai Bupati Lingga, mengatakan, akan berupaya untuk konsen memberdayakan sektor pertanian, terutama di Kabupaten Lingga.

Pada tahun ini, Lanjut Alis Welo, Kabupaten Lingga mendapatkan sekitar 3.000 hektar lahan untuk pertanian.

“Menteri Pertanian akan jadikan Lingga lumbung ketahanan pangan untuk Nasional,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, ada 2 (dua) paritas yang siap untuk di panen dari 15 paritas unggul yang tersedia, yaitu jenis Belimbing Madu dan Jambu.

Selanjutnya imbuh Welo, Lingga juga membuka lahan sekitar 50 hektar, serta mengembangkan pakan hijau ternak, dan tahun ini ada 200 ekor sapi yang dikembangkan, agar kedepannya membiak menjadi ribuan ekor.

Usai pelantikan yang juga dihadiri Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Alias Wello mengajak para petinggi HKTI mengunjungi perkebunan dan pertanian di Lingga. (SK-MU/MOR)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner