Napi di Lapas Dapat Daging Kurban

oleh

BINTAN (SK) — Pada momen Hari Raya Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Lebaran Haji, seluruh masyarakat muslim diberbagai penjuru dunia biasanya merayakan momen tersebut dengan berkurban memotong sapi ataupun hewan kurban lainnya.

Tidak lain halnya para nara pidana (Napi) yang berjumlah sekitar 419 yang saat ini menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Tanjungpinang Km 18 Kijang Kecamatan Bintan Timur. Mereka (Napi) juga merayakan hari raya haji tersebut dengan memotong hewan kurban.

Sebanyak tujuh hewan kurban yang terdiri dari dua ekor sapi dan lima ekor kambing disembelih di lingkungan Lapas Klas II A tanjungpinang, Minggu (5/10). Menurut Kepala Lapas Klas II A Tanjungpinang Zaherman, pihaknya memang rutin melakukan kegiatan berkurban di lingkungan lapas.

Karena menurutnya, para napi yang menjadi warga binaan di lapasnya itu tetap merupakan bagian dari masyarakat yang tidak boleh dilupakan dan berhak merayakan momen Idul Adha tersebut seperti layaknya masyarakat pada umumnya.

Dengan adanya momen seperti ini, Zaherman juga merasa senang melihat suasana kekeluargaan yang begitu terasa sekali di lingkungan lapas. Menurutnya, daging dari hewan kurban tersebut tidak diberikan secara mentah, melainkan diberikan setelah daging tersebut matang.

BACA JUGA  Minimnya Pengamanan di Lapas 18

“Saya senang sekali melihat suasana kekeluargaan yang tercipta di lapas ini. Mereka begitu familiar juga baik dengan sesama napi maupun para petugas di lapas ini,” tutur Zaherman.

Dengan kegiatan yang menjadi agenda rutinitas di lapasnya, Zaherman berharap para napi yang merupakan warga binaannya juga dapat merasakan perayaan momen Idul Adha layaknya masyarakat diluar lapas.

Zaherman menuturkan, pihaknya tahun ini mengurbankan sedikitnya satu ekor sapi dan lima ekor kambing. Selain itu juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan kata Zaherman, memberikan satu ekor sapi kepada lapas.

“Jumlah hewan yang kita kurbankan tahun ini sebanyak tujuh ekor, dimana terdiri dari dua ekor sapi dan lima ekor kambing,” ungkapnya.

Menurut pria yang sebelumnya menjabat jabatan yang sama di Lapas Jambi itu, dengan adanya momen seperti ini, kedekatan antar napi dengan napi dan dengan petugas lapas bisa tercipta. Sehingga dengan begitu, suasana aman akan senantiasa tercipta.

Pantauan yang dilakukan Haluan Kepri di dalam lapas, terlihat aktifitas yang dilakukan para napi dibawah pengawasan para petugas tengah sibuk melakukan kegiatan pemotongan daging hewan kurban.

BACA JUGA  Nizar Pimpin Apel "PEMBERIAN REMISI di RUTAN DABO"

Kekompakan serta suasana kekeluargaan sangat terlihat jelas di dalam lapas, dimana para napi saling bahu membahu dalam menyelesaikan setiap bagian yang menjadi tugasnya masing-masing.

Selain itu juga, daging dari hewan kurban juga diolah menjadi makanan siap saji. Ada yang diolah menjadi sate dan gulai, yang nantinya akan dibagikan untuk disantap oleh seluruh napi yang menghuni 6 blok di lapas tersebut.

Dalam perayaan momen Idul Adha tahun ini, pihak Pemkab yang diwakili oleh Asisten III Bagian Umum Pemkab Bintan R M Akib juga hadir ditengah-tengah para napi dalam kegiatan pemotongan hewan kurban.(hk/SK-002)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.