Nelayan Ditipu Oleh ZR Pegawai DKP Kepri

oleh

– Terkait Bantuan Pompong Untuk Nelayan

LINGGA (SK) — Nelayan Desa Selayar, Kecamatan Selayar, mulai resah, pasalnya bantuan pompong 3 GT hingga 5 GT serta 45 fiz jaring, yang disebut-sebut bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, yang diurus oleh ZR, oknum yang mengaku dari Dinas tersebut, hingga hari ini masih belum juga ada kejelasannya. ZR yang juga dibantu oleh beberapa oknum perangkat Desa Selayar serta oknum Guru berjanji, bahwa pompong tersebut akan diberikan tanggal 10 juni 2015 lalu, namun, sampai sekarang pompong tersebut belum juga ada kabar berita, apalagi menerima.

“Kita telah mengeluarkan dana sebesar Rp 10 Juta per orang, demi mendapatkan pompong yang katanya bantuan DKP tersebut, tapi hingga sekarang belum ada dari kami yang menerima pompong bantuan tersebut,” ujar seorang warga Desa Selayar, yang merasa tertipu dengan oknum ZR, kepada Sijori Kepri, Sabtu (12/9/2015), melalui telpon selularnya.

Memang dalam melakukan aksinya, ZR dibantu oleh oknum perangkat Desa dan oknum Guru PNS, modus yang mereka jalankan mendatangi bersama-sama nelayan yang mau menerima bantuan dari DKP Provinsi, dengan menyetor uang sebesar Rp 10 Juta hingga Rp 13 Juta per orang.

BACA JUGA  Tahanan Tindak Pidana Penipuan Rp 1,5 Miliar Meninggal Dunia di Batam

“Dalam aksinya, mereka juga membuat surat perjanjian yang disertai kwitansi pembayaran yang disertai Materai 6000, dalam surat perjanjian tersebut berbunyi, saya siap mengembalikan dana yang telah saya terima, apabila pompong tersebut tidak diterima masyarakat hingga 10 Juni 2015, dan apabila pada 20 Juni 2015 pompong tersebut belum bisa diambil, uang tersebut akan saya kembalikan kepada yang bersangkutan sesuai dengan yang telah saya terima,” ujarnya menirukan bunyi surat tersebut.

Dari informasi, katanya, masalah ini telah dilaporkan ke Polsek Singkep Barat, dan oknum perangkat Desa telah berjanji bersedia mengembalikan uang yang telah diserahkan oleh nelayan, namun, hingga saat ini belum ada inisiatif oleh oknum perangkat Desa untuk membayar uang tersebut.

“Hingga sekarang hanya janji saja, tapi tidak pernah terealisasi, bahkan, oknum perangkat Desa tersebut, menghindar saat bertemu dengan nelayan,” terangnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Singkep Barat, Ipda. Asien Wirga, Sabtu (12/9/2015), mengaku belum menerima laporan terkait masalah bantuan untuk nelayan ini.

BACA JUGA  Aksi Penipuan Serang Kesbangpol Batam

“Kita belum menerima laporan masalah ini,” ujarnya singkat. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Pompong Nelayan di Salah Satu Desa di Lingga (Photo : Puspandito)
Pompong Nelayan di Salah Satu Desa di Lingga
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.