Nurdin Buka MTQ Ke X Kota Tanjungpinang

oleh
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

TANJUNGPINANG (SK) — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2016, resmi dibuka, yang ditandai dengan pemukulan bedug oleh Plt Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun S.Sos M.Si, di Terminal Sungai Carang, Tanjungpinang, Minggu, (24/04/2016), malam.

Dalam sambutannya, Nurdin Basirun, mengatakan, bahwasanya, dirinya pasti akan datang untuk memenuhi undangan, baik itu undangan untuk MTQ Tingkat Kecamatan maupun Kelurahan sekalipun.

“Selame ade pembukan MTQ meskipun di Kelurahan dan di Kecamatan sekalipun, jike saye di undang pasti saye sempatkan datang. Karene selama ini yang saye pandang, adelah Al Quran,” kata Nurdin, dengan menggunakan bahasa melayu.

Nurdin juga mengatakan, bahwasanya masyarakat Kota Tanjungpinang mayoritas orang melayu dan berbudaya, serta agamis.

“Tanjungpinang mayoritas ialah orang melayu dan berbudaya, maka dari itu tidak heran, jika orang menyebut Tanjungpinang Kota Gurindam,” kata Nurdin.

Nurdin juga mengucapkan, terimah kasih kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang.

“Terima kasih saye telah diberi kesempatan untuk membuka MTQ Ke X di Tingkat Kota Tanjungpinang,” Tutup Nurdin.

Sementara itu, dalam kata sambutan Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah menyampaikan, sebagai mana kita imani bersama, bahwa Al Quran diturunkan sebagai petunjuk dan tutunan pedoman bagi manusia.

“Al Quran diturunkan sebagai petunjuk dan tutunan pedoman bagi manusia. Untuk memperoleh kebahagian baik didunia maupun di akhirat,” ujarnya.

Lis juga mengatakan, Kota Tanjungpinang adalah salah satu daerah di Provinsi Kepulauaan Riau dengan latar belakang budaya melayu.

“Yang mana kita ketahui, melayu tidak lepas dari pada islam. Dan islam tidak terlepas dari pada melayu,” kata Lis.

Adat melayu, sambung Lis, tidak kenal dengan kekerasan, tidak mengenal adat istiadat yang tidak sopan. Dengan demikian insyallah kita akan memperkokoh persatuan dan kebersamaan, serta dapat menyukseskan seluruh agenda pembangunan Kota Tanjungpinang.

Dalam kegiatan MTQ Ke X Lis juga berharap, semoga dapat menampilkan prestasi yang terbaik.

“Saya berharap sesuai dengan tema MTQ Ke X ini, yaitu Membumingkan Al Quran Sebagai Falsafah Hidup Menuju Pembagunan Yang Berakhlak Mulia dan Sejahtera, serta meningkatkan pemahaman arti dan makna dari pada ayat suci Al Quran untuk secara lengkap dan utuh,” harapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd, mengungkapkan, bahwa setiap cabang yang dilombakan pada kegiatan MTQ setiap tahun dari Tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional, bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil dari MTQ.

“Yakni adanya kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat, seperti TPA, TPQ, dan MDA di wilayah Kota tanjungpinang,” kata Syahrul, yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang.

Dengan demikian, lanjut Syahrul, daerah akan mampu melakukan pengkaderan qori/qoriah yang berprestasi secara mandiri.

“Sehingga dapat mengirimkan qori/qoriah yang baru pada setiap penyelenggaraan musabaqah,” terangnya.

Untuk itu, Syahrul mengajak, masyarakat kota Tanjungpinang untuk mengamalkan dan mengembangkan syiar Al-Qur’an didalam kehidupan sehari-hari.

“Mari bersama-sama kita tingkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran islam di tengah masyarakat,” ajak Syahrul.

Dalam laporannya, Sekdako Tanjungpinang, Drs Riono M.Si, selaku Ketua Panitia, mengatakan, MTQ merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an, sekaligus untuk memilih para Qori/Qoriah, Hafish/Hafishah, Mufassir/Mufassirah Kota Tanjungpinang untuk diikutsertakan pada Seleksi Tilawatil Qur’an Ke VI Tingkat Provinsi Kepri mendatang,” katanya.

MTQ X tingkat Kota Tanjungpinang diikuti oleh Kafilah dari 4 Kecamatan se-Kota Tanjungpinang, yakni Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kecamatan Bukit Bestari, dan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Adapun Cabang yang akan diperlombakan, cabang Tilawah Al-Qur’an, golongan tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa putra dan putri, golongan Tartil, Qiraat saba’ah putra dan putri. Kemudian cabang Hifzh Al-Qur’an, golongan 1 juz, 5 juz, dan 10 juz, cabang fahmil Qur’an, cabang sahril Qur’an, cabang khat Al-Qur’an, golongan naskah dan hiasan mushaf, dan dekorasi, serta cabang M2IQ. Ada juga perlombaan qasidah, marawis remaja dan dewasa, serta bazar.

Tema pada MTQ X tahun ini adalah “Membumikan Al-Qur’an Sebagai Falsafah Hidup Menuju Pembangunan Yang Berakhlak Mulia dan Sejahtera”.

Acara dihadiri, para Asisten, staf ahli, jajaran Kepala SKPD, Camat, serta Lurah dilingkup Pemko Tanjungpinang. Hadir juga unsur FKPD, Kepala Biro Kesra Provinsi, Ketua TP-PKK Hj Yuniarni Pustoko Weni SH, Ketua GOW Juariah Syahrul, Ketua DWP Ersa Famela, serta masyarakat Kota Tanjungpinang.

MTQ juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh KH Zulfa Mustafa. Paggelaran tari kolosal dari anak-anak sekolah, turut meriahkan pembukaan MTQ X Tingkat Kota Tanjungpinang. (SK-RA/C)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner