HEADLINELINGGA

Pastikan Pelayanan Kesehatan Maksimal, Ketua DPRD Lingga Kunjungi Puskemas Hingga ke Pelosok

×

Pastikan Pelayanan Kesehatan Maksimal, Ketua DPRD Lingga Kunjungi Puskemas Hingga ke Pelosok

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, saat mengecek kesehatan di Puskemas. (Foto : Ist)
Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin. (Foto : Ist)
Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, saat mengecek pelayanan kesehatan di Puskemas Lingga. (Foto : Ist)

LINGGA — Pelayanan kesehatan adalah hak dasar masyarakat. Hal ini mengingat bahwa kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang terkait erat dengan segala aspek kehidupan. 

Kesehatan juga menjadi salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Menjadi tugas pemerintah untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap individu hidup sehat. 

Caranya dengan memastikan tersedianya pelayanan kesehatan yang memadai dan terjangkau untuk semua anggota masyarakat, dalam hal ini adalah penyediaan pelayanan kesehatan dasar. 

Puskesmas adalah adalah ujung tombak penyediaan pelayanan terdepan bagi kesehatan dasar masyarakat. 

Puskesmas adalah unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat pembangunan kesehatan, pusat pembinaan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

BACA JUGA :  Speed Boat Rombongan Anggota DPRD Lingga Kandas

Menjalankan fungsi pengawasan kinerja Pemkab Lingga, Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, mengunjungi pusat pelayanan kesehatan di pulau-pulau terpencil.  

Pemenuhan petugas kesehatan di Puskesmas Pembantu (Pustu) yang terletak di pelosok pesisir Kabupaten Lingga adalah hal penting yang harus dilakukan Pemkab Lingga. 

Kecamatan Senayang merupakan kecamatan yang secara geografis adalah daerah pulau-pulau terpencil yang membutuhkan perhatian khusus untuk penempatan tenaga kesehatan.

“Saya sering turun ke daerah- daerah di wilayah Kecamatan Senayang ini. Saya minta Dinkes dan Puskesmas Senayang isi petugas di desa dan di daerah-daerah yang ada fasilitasnya, baik itu Pustu maupun Polindes. Jangan ada masyarakat yang melapor petugas kosong, dan tidak ada obat. Saya tidak mau dengar itu lagi,” kata Ahmad Nashiruddin, belum lama. 

BACA JUGA :  PT BMI Berencana "BANGUN RESORT SENILAI USD 35 JUTA di PULAU KATANG"

Sejak tahun 2019, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lingga, anggaran kesehatan tidak pernah dipangkas. Hal ini dilakukan sesuai dengan amanah undang undang dan mengingat pentingnya pelayanan kesehatan di masyarakat.

“Untuk itu tolong diperhatikan petugas untuk wilayah–wilayah hinterland,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk tenaga kesehatan yang ditugaskan ke daerah-daerah pesisir diharapkan dapat menjalankan tugas dengan baik dan disiplin tinggi.

“Setiap pagi sampai jam kerja tolong berada di tempat. buka Pustu dan Polindes, biar mudah masyarakat berobat di fasilitas milik daerah tersebut, jangan kosong. Saya pernah ketemu saat turun ke daerah-daerah, tak ada petugas saat jam kerja, Pustunya malah tutup,” ungkap Ahmad Nashiruddin.

BACA JUGA :  "3 ARTIS IBU KOTA" Goyang Kecamatan Senayang

Selain memantau langsung ke pulau-pulau terpencil sebagai anggota legislatif, Ahmad Nashiruddin bersama legislator lainya di DPRD Lingga juga kerap melakukan inspeksi ke rumah sakit umum daerah baik di Daik maupun Dabo Singkep. 

Kunjungan ini untuk melihat langsung pelayanan kesehatan di dua rumah sakit yang menjadi andalan masyarakat Lingga.

“Dengan turun langsung, kita dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat yang mendapatkan pelayanan. Semua tentu menginginkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” pungkasnya. (ADV)