, , ,

Peduli Masalah Darah, RD2M Sembangi Direktur RSUD Meranti

oleh
Peduli Masalah Darah, RD2M Sembangi Direktur RSUD Meranti 1
Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) bersama Direktur RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti, dr Riasari dan jajaran. (Foto : Azwin)

Sijori Kepri, Meranti – Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) menyambangi Direktur RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti, dr Riasari, Rabu (8/7/2020). Selain bersilaturahmi, kunjungan untuk mengetahui ketersediaan stok darah yang dimiliki rumah sakit ini. .

“Kunjungan Relawan Donor Darah Meranti (RD2M) kami sambut baik, dan ucapkan terimakasih atas kerjasama selama ini, dalam membantu koordinasi dan komunikasi tentang pendonor darah bagi pasien yang membutuhkan darah,” kata Riasari.

Ia mengatakan, intinya kita saling berkoordinasi dengan baik dan mengkomunikasikan tentang kebutuhan darah di RSUD Kepulauan Meranti.

“Secara teknis kita memang ada stok darah, namun karena kita juga ada keterbatasan darah, untuk sifatnya Kebutuhan mendadak, misalnya ada kekurangan darah penyakit tertentu,” kata dr. Riasari.

Menurutnya, perlu optimal dalam kebutuhan darah di RSUD. Maka peran semua pihak sungguh sangat perlu, terutama relawan donor darah Meranti. Pihak RSUD Meranti sungguh sangat berterima kasih sekali dalam membantu pendonoran darah untuk masyarakat.

Sistim donor darah, sebelum darah diambil misalnya Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua), Berat badan minimal 45 kg, Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius, Tekanan darah baik, bagi yang ingin donor langsung datang di labor RSUD Kepulauan Meranti.

“Kami pihak RSUD Meranti Aprsiasi lah dengan adanya Relawan Donor Darah Meranti ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata dr Riasari.

Sementara itu, Ketua RD2M Kepulauan Meranti, Wan Suhendra, mengatakan, wadah ini bersifat sukarela. Dalam praktek mencari darah, mereka butuh dukungan semua pihak, seperti RSUD Meranti, karena setiap donor darah pasti ke Labor RSUD Meranti.

“Kami berterima kasih kepada Direktur RSUD Meranti yang telah menyambut baik gerakan kami, dan kami akan terus berupaya semampu kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan kebutuhan darah di Meranti,” kata Wan Suhendra.

Ia berharap, komunikasi ini dapat terjalin dengan baik dan dukungan terus mengalir untuk semua pihak. Bagi masyarakat yang membutuhkan darah, kami akan bantu semampunya.

“Dengan adanya gerakan kami ini, bisa membantu masyarakat dalam masalah kebutuhan darah. Dan kami harapkan semua pihak dapat bersama-sama berperan aktif dalam mendonor, apabila masyarakat membutuhkannya,” ujar Wan Suhendra. (Win)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *