, ,

Pelabuhan Dengan Nilai 14 Milyar Akan Dibangun di Pulau Berhala

oleh
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Pulau Berhala, sebuah pulau yang terletak di bagian selatan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, dan di bagian Utara Kabupaten Tanjung Jabung timur, Provinsi Jambi, selalu diperebutkan oleh kedua belah pihak, Pemkab Lingga berencana membangun berbagai fasilitas di pulau Berhala di tahun depan.

Bupati Lingga, H Alias Wello, mengatakan, sebagai pemilik Pulau Berhala, kita mempunyai tanggung jawab untuk pelayanan Administrasi, pelayanan Pembangunan, dan pelayanan Publik. Jika dilihat dari sisi potensi, Pulau Berhala tidak saja menyimpan potensi Pariwisata seperti pernyataan orang selama ini. Seperti yang diketahui warga Provinsi Jambi, sering memanfaatkan Pulau Berhala untuk berlibur, namun, sebagai pemilik Pulau Berhala, Kabupaten Lingga tidak hanya memandang dari sisi Pariwisata saja, lebih dari itu, masih ada kekayaan sumber daya alam yang perlu digali.

“Dari sumber daya alam yang akan kita gali tersebut, akan kita manfaatkan dan di gunakan untuk pembangunan Kabupaten Lingga,” terangnya, Rabu, (13/04/2016), kemarin.

Kalau untuk Pariwisata, Pulau Berhala tidak terbantahkan lagi, kata Alias Wello, untuk itu, kita akan mengekploitasi dari sumber daya alamnya. Kita telah melakukan kajian-kajian awal untuk menggali potensi tersebut, untuk mengarah dan mempermudah akses turun naik ke Pulau Berhala. Pada tahun depan, kita akan membangun Pelabuhan besar di Pulau Berhala, yang memungkinkan Kapal Perintis untuk sandar disana.

“Untuk pembangunan pelabuhan besar tersebut, akan dibiayai APBD Provinsi, dimana nilainya mencapai Rp 14 Milyar,” papar AWe, sapaan akrab Alias Wello.

Pada tahun depan juga, lanjut AWe, kita akan membangun proyek air bersih di sana. Untuk memanfaatkan secara optimal Pulau Berhala, saat ini kita telah merelokasikan penduduk yang tinggal di pesisir pantai untuk pindah kedarat, sehingga, pantai Pulau Berhala dapat ditata dengan baik. Kita juga mendengar Provinsi Jambi akan membangun objek Pariwisata di pulau tersebut, hal ini tentu sangat baik sekali jika dapat bersenergiritas untuk membangun dan mengelola bersama-sama, sehingga akan terjadi kerjasama ekonomi.

“Kita sangat mengharapkan kerjasama Jambi, apakah itu pengusahanya, atau Pemerintahnya lansung yang akan menanamkan modal untuk mengembangkan Pariwisata di Pulau Berhala, sehingga terjalin kerjasama ekonomi, namun, wilayah pulau Berhala tetap milik kita, dan dalam kontek pelayanan Administrasinya juga tetap kita,” unggahnya. (SK-Pus)

Pantai yang terdapat di Pulau Berhala (Foto : Istimewa)
Pantai yang terdapat di Pulau Berhala (Foto : Istimewa)
Mercusuar yang juga disebut masyarakat pulau lampu yang berdekatan dengan Pulau Berhala (Foto : Istimewa)
Mercusuar yang juga disebut masyarakat pulau lampu yang berdekatan dengan Pulau Berhala (Foto : Istimewa)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner