, ,

Pemda Natuna Sampaikan 6 Tuntutan ke Pusat

oleh -697 views
Bupati Natuna, Hamid Rizal, Sekda Natuna Wan Siswandi, dan Ketua DPRD Natuna Andes Putra, saat kenfrensi pers bersama para Wartawan, (Foto : Bernard Simatupang)
height="100%"

Pemda Natuna Sampaikan 6 Tuntutan ke Pusat
– Observasi WNI Wuhan ke Kapal Perang RI Tidak Bisa Dilakukan.

Bupati Natuna, Hamid Rizal, Sekda Natuna Wan Siswandi, dan Ketua DPRD Natuna Andes Putra, rapat bersama terkait dampak sosial observasi WNI dari Wuhan di Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Bupati Natuna, Hamid Rizal, mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Natuna, menyampaikan 6 (enam) poin tuntutan ke pusat. Tuntutan itu adalah observasi WNI Wuhan China agar dievakuasi ke Kapal Rumah Sakit KRI, membangun posko-posko kesehatan penanggulangan virus, sehingga keluhan masyarakat dapat terakomodir.

Tuntutan lainnya, membangun pusat informasi apabila terjadi masalah sehingga dapat teratasi dengan cepat, meningkatkan status RSUD Natuna dari tipe C menjadi tipe B atau A, Menteri Kesehatan berkantor di Natuna selama observasi berlangsung, dan mendatangkan psikiater untuk Kabupaten Natuna.

Hamid Rizal mengatakan hal ini, saat menghadiri rapat bersama Sekda Natuna Wan Siswandi, Ketua DPRD Natuna Andes Putra, terkait dampak sosial observasi WNI dari Wuhan di Kabupaten Natuna, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai – Ranai, Kamis, (6/2/2020).

Turut hadir, Wakil Ketua I DPRD Natua Daeng Ganda Rahmatullah, Wakil Ketua II DPRD Natuna Jarmin Sidik, beserta segenap anggota, anggota FKPD, OPD terkait Pemkab Natuna, Ketua KNPI Natuna, Ketua Pemuda Pancasila Natuna, Tokoh Pemuda, Tokoh masyarakat, media elektronik dari pusat, dan para awak media Kabupaten Natuna.

Dikatakannya, dari 6 (enam) poin yang disampaikan, ada 1 (satu) poin yang tidak dapat dikabulkan Pemerintah Pusat, yaitu pemindahan observasi ke Kapal Rumah Sakit KRI, karena sudah menjadi keputusan dari WHO bahwa observasi terdampak Virus Corona tidak boleh dievakuasi ke dalam kapal laut.

Keputusan dijadikannya Natuna sebagai daerah observasi WNI dari Wuhan, merupakan keputusan cepat yang diambil Pemerintah Pusat setelah mendapat informasi dari Pemerintah China untuk mengevakuasi WNI yang ada di Wuhan, mengingat lokasi yang dipakai adalah fasilitas militer yang tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat sekitar.

Dengan rentang waktu yang begitu singkat, sehingga terjadi miskomunikasi informasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, terutama terkait keterbukaan informasi dan sosialisasi yang menimbulkan penolakan dari masyarakat.

“Namun saya berharap, dari hasil pertemuan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerinta Daerah dapat meyakinkan kita semua untuk menghilangkan rasa resah, karena WNI yang dievakuasi dari Wuhan China dengan kondisi sehat semua,” ujarnya.

Bahkan dalam keadaan pilek dan batuk saja, WNI yang ada di Wuhan tidak boleh dievakusi ke Indonesia, mereka harus tetap tinggal di Wuhan, jadi yang berangkat ke Indonesia adalah warga yang benar-benar sehat.

“Untuk itu, saya berharap kepada kita semua terutama rekan-rekan media agar dapat bersama-sama meyakinkan dan menenangkan masyarakat dari kecemasan yang berlebihan, sehingga dapat beraktivitas kembali sebagaimana mestinya,” katanya.

Tujuan rapat ini adalah untuk menyampaikan hasil pertemuan Bupati Natuna Hamid Rizal dan rombongan terkait tuntutan masyarakat yang disampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui Menkopolhukam, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri di Jakarta pada tanggal 4 Februari 2020 yang lalu.

Banyaknya informasi simpang siur mengenai evakuasi WNI dari Wuhan China yang diobservasi di Natuna, membuat Pemerintah Daerah harus meluruskan semua yang terjadi agar tidak terjadi kegaduhan ditengah-tengah masyarakat. (nard)

Didampingi Sekda Natuna Wan Siswandi, Bupati Natuna, Hamid Rizal, dan Ketua DPRD Natuna Andes Putra, rapat bersama terkait dampak sosial observasi WNI dari Wuhan di Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400