Pemkab Bintan Prioritaskan 4 Sektor Pembangunan Bintan

oleh

– Musrenbang Kabupaten Bintan 2015.

BINTAN (SK) — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk tahun 2015 ini, memprioritaskan empat ragam sektor bidang dalam pembangunan di Bintan. Adapun pembangunan yang menjadi prioritas Pemkab Bintan tahun ini diantaranya, pembangunan dan peningkatan sektor pendidikan, kesehatan, kawasan maritim, serta infrastruktur publik.

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Bintan 2015, Bupati Bintan, Ansar Ahmad menyebutkan, empat sektor yang akan diprioritas tahun ini oleh Pemkab Bintan dalam membangun Bintan, sejalan dengan program Pemerintahan pusat. Presiden Joko Widodo, lanjutnya, telah meggagas program Nawa Cita.

Dimana dalam program Nawa Cita tersebut, sambung Ansar, empat sektor pembangunan Bintan yang diprioritaskan tahun ini termasuk kedalam sembilan program Nawa Cita tersebut. Program yang digagas oleh Presiden RI ke-7 itu menunjukan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkpribadian dalam kebudayaan.

BACA JUGA :  2. Daftar Rekapitulasi KGB Periode 1 Februari 2021

“Program Nawa Cita ini yang menjadi acuan untuk menyusun rencana pembangunan seluruh daerah di Indonesia. Termasuk juga di Bintan,” tutur Ansar usai menghadiri acara Musrembang Bintan 2015 di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (12/03/2015) pagi.

Selanjutnya, Ansar mengatakan, untuk tahun ini, penyusunan rencana pembangunan masih mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMD) 2010-2015 yang sudah disusun sebelumnya oleh tim. Namun demikian, bila masa kepemimpinan Ansar-Khazalik yang diketahui akan berakhir pada bulan Agustus mendatang.

Pemimpin Bintan selanjutnya, kata Bupati yang menjabat Bintan selama dua periode itu, hanya tinggal menyesuaikan dengan program-program yang sudah ada saja.

“Bila Bupati Bintan selanjutnya sudah menyusun RPJMD baru, program-program tersebut tinggal disesuaikan saja,” tutur Ansar.

BACA JUGA :  Polres Karimun Bagikan 10 Ton Beras Program Kapolri Tahap I Kepada Masyarakat Yang Belum Dapat Bantuan

Terkait dengan soal pembiayaan program, pada Musrembang Bintan 2015 yang dihadiri seluruh elemen di lingkup kerja Pemkab Bintan itu, Ansar menambahkan, juga untuk memilah rencana-rencana kerja yang bakal dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bintan, APBD Provinsi Kepri, atau dibebankan kepada pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Tentu ada skala prioritas, dalam hal pembiayaan yang menggunakan APBD Bintan. Beberapa program pembangunan juga ada yang dibiayai APBN,” katanya.

Sementara itu, Asisten Gubernur Kepri, Syamsul Bahrum yang hadir dalam kegiatan Musrenbang Bintan 2015 di Aula Kantor Bupati Bintan itu, menyatakan kesiapannya pihak Pemerintah Provinsi untuk mendukung pembangunan di Kabupaten/Kota di kepri termasuk di Bintan.

Hanya saja, lanjut Syamsul, rencana pembangunan yang sudah disusun dan direncanakan sejak awal harus memprioritaskan serta mengedepankan pembangunan yang bersifat strategis nasional.

BACA JUGA :  Dishub Lingga Datangkan 2 Bus DAMRI "INI RUTE DAN TARIFNYA"

“Sudah ada beberapa dana APBD Kepri untuk tujuh Kabupaten/Kota di Kepri, tinggal penyesuaian skala prioritasnya saja,” ujarnya. (SK-DER)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.