, , ,

Pemkab Karimun Diminta Tertibkan Bangunan di Jalur Hijau

oleh
Pemkab Karimun Diminta Tertibkan Bangunan di Jalur Hijau 1
Ketua Laskar Melayu Bersatu (LMB) Provinsi Kepri, Datok Panglima Azman Zainal SH. (Foto : Taufik)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Karimun – Saat ini, di sekitar bahu jalan Ahmad Yani, Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, banyak berdiri bangunan liar. Padahal, sebagai jalur hijau, bangunan ini tidak diperbolehkan.

Ketua LMB Provinsi Kepri, Datok Panglima Azman Zainal SH, minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, segera mentertibkannya. Jika dalam ketentuan, bangunan ini tidak diperbolehkan, Pemkab harus menggusur.

”Pembangunan rumah itu melanggar sempadan danau, melabrak jalur hijau, dan melanggar kesepakatan tidak boleh membangun rumah bertingkat. Lokasi yang ada di pinggir jalan dekat pintu air Kolong arah kelaut tersebut diduga warga melanggar sepadan danau dan jalur hijau di kawasan tersebut,” ujar Datok Azman Zainal SH, Minggu, (19/7/2020).

Beberapa bulan lalu, di lokasi ini terjadi kebakaran hebat. Bangunan di sepanjang bahu jalan Ahmad Yani, Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun, ludes terbakar. Sedikitnya 13 kios yang terdiri dari toko furnitur bekas, kios bensin, warung nasi, hingga kios Sembako hangus dilalap api.

Tak berapa lama setelah kejadian tersebut, terlihat bangunan sudah berdiri. Banyak juga bangunan lain, yang jaraknya lebih dekat dengan laut. Bahkan banyak pula rumah yang sudah berdiri berlantai dua.

”Aneh, Pemkab Karimun terkesan membiarkannya. Saat ini, di sekitar lokasi hijau, banyak berdiri pembangunan rumah pribadi dan Ruko,” katanya.

Dikatakan Azman, lahan maupun rumah tersebut belum ada kepastian surat menyuratnya dan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kabupaten Karimun.

Protes, Ketua LMB Provinsi Kepri tersebut, bermula saat melihat di lahan itu telah dbangun sebuah hunian berlantai dua diatas lahan jalur hijau Kabupaten Karimun dan proses pembangunan pun sudah berjalan 80 persen.

“Kita minta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karimun, menyambangi lokasi tersebut. Dan juga hadir Bupati Karimun dengan sejumlah pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karimun di lokasi,” pungkasnya. (Wak Fik)

5 Foto Bangunan di Halaman Berikutnya :

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner