, ,

Pemkab Lingga “JALIN KERJASAMA DENGAN LIPI”

oleh
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

– MOU Bidang Kelautan Perikanan dan Pertanian.

LINGGA (SK) — Prof Dr Bambang Subiyanto, Deputi Kepala Bidang Jasa Ilmiah, dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Bupati Lingga, H. Alias Wello menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dibidang sumber daya kelautan perikanan maupun bidang pertanian. Penandatanganan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lingga, Kamis, (12/05/2016).

Bupati Lingga, H Alias Wello, menyampaikan, pengembangan Sumber Daya Alam di Lingga ini, akan menjadi sejarah di masa mendatang. Untuk itu, LIPI mengembangkan potensi disektor kelautan, perikanan, dan pertanian di Kabupaten Lingga.

“Kerjasama di semua sektor ini, tentu sangat baik sekali. Baik itu, sektor sumber daya kelautan perikanan dan pertanian. Karena dua sektor ini, sangat berpotensi sekali di Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Untuk sektor pertanian, kata AWe, Lingga telah membuka sejumlah kawasan untuk penanaman padi. Tujuannya untuk menjadi pusat ketahanan pangan dapat terwujud, dan lumbungnya Kepri nantinya adalah Kabupaten Lingga. Upaya di sektor beras ini, kita telah floating lahan sekitar 3.000 ha, sebagai pusat ketahanan pangan dapat terwujud,” terangnya.

Sementara itu, Prof Dr Bambang Subiyanto, mengatakan, dalam kerjasama ini, LIPI meningkatkan daya saing daerah. Seberapa besar potensi daerah yang dapat dikembangkan dalam segi ekonomi. Selain itu, dalam kerjasama ini juga disiapkan SDM bidang teknis, terutama untuk pengembangan pupuk cair, serta pengembangan pohon jati di sini, karena dua poin ini merupakan bidang pertanian.

“Untuk pengembangan sektor perikanan, diantaranya dengan pengembangan Usaha Membangun Kecil Menengah (UMKM). Yang terpenting untuk UMKM ini, adanya teknologi pengalengan skala UMKM, guna mudah mudahan kita bisa mengimplementasikan, dan ada tim sosial yang menggali keinginan masyarakat,” imbuhnya. (SK-Pus)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner