GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
ANAMBAS

Pemuda Pancasila Kecewa Dengan DPRD Anambas

×

Pemuda Pancasila Kecewa Dengan DPRD Anambas

Sebarkan artikel ini

ANAMBAS (SK) — Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC-PP) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Arpandi, kepada Sijori Kepri, menyebutkan, bahwa dirinya begitu kecewa, terhadap Anggota DPRD Anambas, yang tidak menghadiri acara Muscab Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC-PP) Ke-II Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang disejalankan dengan Diklat Kaderisasi Pemuda Pancasila, Angkatan ke I tahun 2016, yang telah diselenggarakan mulai tanggal 28 hingga 31 Maret 2016. Seakan-akan surat undangan yang PP Kirimkan ke mereka tidak ada harganya sama sekali, di Tarempa, Rabu, (06/04/2016).

“Saya sangat kecewa dan sangat menyayangkan atas ketidakhadiran Ketua DPRD dan para Pimpinan maupun Perwakilan dari DPRD Anambas, pada acara pembukaan Muscab MPC PP Anambas Ke-II tahun 2016. Termasuk Ketua Komisi II yang membidangi Organisasi, yang sudah kita undang secara resmi, namun tidak bersedia hadir dan tidak ada informasi apapun yang kita dapatkan, tanpa alasan, tanpa berita dan tanpa kabar,” ungkap Arpandi.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Ketidak hadiran DPRD di acara Muscab Ke-II dan Diklat Kaderisasi Perdana di KKA oleh MPC-PP Anambas, mengakibatkan timbulnya pertanyaan yang mendalam dibenak Ketua Pemuda Pancasila Terpilih. Karena tak satu pun dari Anggota DPRD Anambas yang menghadiri pada Musyawarah tersebut, meskipun surat secara resmi sudah dilayangkan ke pihak DPRD.

BACA JUGA :  Infrastruktur BBM Anambas “MEMPRIHATINKAN”

Dalam hal ini, Arpandi mengaku, pihaknya tidak mengetahui apa motifnya, sehingga tiada satupun Anggota DPRD yang hadir memenuhi undangan mereka.

“Berita sudah kita sampaikan ke pihak DPRD Anambas, Secara Administrasi melalui surat sudah kita kirimkan juga. Namun dari 20 orang Anggota DPRD Anambas, ternyata tidak satupun dari mereka yang datang di acara tersebut. Entah apa penyebabnya kitapun tidak tahu. Biarkan saja, kita lihat saja nantinya,” Papar Arpandi, dengan penuh rasa kekecewaan.

“Karena kita sudah mengundang secara resmi dan memberitahukan mereka secara resmi, seharusnya ada informasi yang kita dapatkan, jadi kan ada kejelasan,” paparnya lagi.

Arpandi menjelaskan, karena kegiatan ini resmi dan Formal oleh organisasi kemasyarakatan, Pemuda Pancasila sendiri beberapa orang unsur Pimpinan Pemuda Pancasila, mulai dari Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Provinsi Kepri sampai dengan Majelis Pimpinan Nasional (MPN) yang dihadiri oleh, Sekretaris Wilayah (Sekwil) Pemuda Pancasila Propinsi Kepri (Alfi S. Arifin), Ketua pelaksana Kaderisasi Propinsi Kepri (Ir. Juanda), dan bahkan juga dihadiri oleh Ketua Badan Pelaksana Kaderisasi Tingkat Nasional, Bung Syamsir Rambe, serta beberapa orang lainnya.

Pada kesempatan tersebut, banyak hal yang di ceritakan oleh Arpandi, bukan hanya dia saja yang kecewa, kekecewaan juga dirasakan oleh Ketua Pelaksana Kaderisasi MPW PP Kepri, Ir. Juanda.

BACA JUGA :  Disparbud Anambas Gelar Festival Padang Melang

Ketidak hadiran Perwakilan dari Wakil Rakyat tersebut, seakan-akan menunjukkan sikap kalau di mata DPRD Anambas, Organisasi Kemasyarakata Pemuda Pancasila tidak memiliki peranan apapun didalam memajukan pembangun Kabupaten Kepulauan Anambas kedepan, serta begitu tidak berharganya organisasi PP dimata mereka, sehingga PP hanya dipandang sebelah mata.

“Setidaknya Dewan Anambas bisa menghargai Perwakilan PP yang diterjunkan dari Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pusat, serta utusan dari Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Provinsi Kepri,” tambahnya.

Menurut Arpandi, tujuan dari organisasi Pemuda Pancasila di KKA ini adalah untuk membantu dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, baik Eksekutif maupun Legislatif dalam mensukseskan Pembangunan Nasional maupun Pembangunan Daerah.

Ketua MPC PP Anambas, Arpandi.(Foto : Bambang Asmara)
Ketua MPC PP Anambas, Arpandi.
(Foto : Bambang Asmara)

Apalagi kata Arpandi, Pemuda Pancasila punya Amanah dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan UUD 1945 sebagai tujuan awal dari pokok perjuangan Pemuda Pancasila itu sendiri.

Pemuda Pancasila KKA, sambung Arpandi, saat ini sudah memiliki Anggota yang begitu banyak. Kedepan Jelas Arpandi, organisasi ini akan terus berkembang pesat, anggota-anggota akan terus bertambah, walaupun belum memiliki KTA, namun mereka sudah menandatangani surat pernyataan atau Formulir pendaftaran untuk menjadi anggota PP Anambas.

“Secara keseluruhan, Anggota PP yang sudah kita KTA kan saat ini berjumlah 700 orang. Yang ikut diklat kaderisasi di tingkat Kabupaten saat ini berjumlah 60 orang, dan yang pernah ikut diklat kaderisasi di tingkat Provinsi Kepulauan Riau baru-baru ini berjumlah 8 orang. Secara keseluruhaan anggota PP Anambas yang sudah ikut kaderisasi saat ini berjumlah 68 orang,” ungkap Arpandi.

BACA JUGA :  Pengumuman Hasil Akhir “OPEN BIDDING PROVINSI KEPRI”

Dijelaskannya, target pencapaian yang bergabung didalam MPC-PP Anambas di tahun 2017 nanti, setidaknya mencapai 2.000 orang. Diseluruh lini, mulai dari Kabupaten, Kecamatan, bahkan sampai ke pelosok Desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas ini.

“Untuk itu, kita berharap kedepan perhatian semua pihak, baik pemerintah, Eksekutif maupun Legislatif. Sama-sama memberikan kesempatan bermitra, bersinergi dalam banyak hal, program kerja dalam rangka membangun Anambas kedepan,” harapnya.

Kepada DPRD Anambas Arpandi berharap, setiap ada kegiatan dan even yang dibuat dan dilakukan oleh MPC-PP Anambas, mereka (DPRD, red) bisa bersama-sama hadir dan menyaksikan langsung memberikan dukungan Moril maupun Materil terhadap kegiatan PP.

Kegiatan Muscab tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Abdul Haris SH, serta dihadiri oleh beberapa Pejabat Daerah KKA, Danramil, Danlanal, Kapolsek Siantan, Kader Pemuda Pancasila, serta Unsur Vertikal lainnya. (SK-BAS)


Ketua dan anggota PP Anambas, serta Bupati KKA, Abdul Haris