Penentuan Sapiudin Sebagai Kades “LANGGAR PERATURAN MENTERI”

oleh

LINGGA (SK) — Dalam penentuan Sapiudin, sebagai Kepala Desa Bakong, Kecamatan Singkep Barat, terungkap melanggar Peraturan Menteri dalam Negeri No 112 tahun 2014, tentang pemilihan Kepala Desa, bagian ketiga paragraf I pendaftaran pencalonan pada pasal 21. Dalam berita acara Musyawarah masyarakat Desa yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, juga terungkap bahwa Kepala Desa Bakong, selama ini tidak pernah berdomisili di Desa Bakong.

Dari salah seorang sumber di Badan Pemusyarawatan Desa (BPD) Desa Bakong, kepada awak media, mengungkapkan, aturan tersebut sebenarnya telah disampaikan kepada panitia. Namun, karena saat itu ada peran beberapa pejabat di Lingga dan Kecamatan, sehingga Sapiudin berhasil lolos dari persyaratan tersebut, meskipun dia (Sapiudin-Red) tidak berdomisili di Desa Bakong.

“Awalnya dia hanya Pjs Kepala Desa Bakong, yang ditunjuk oleh Camat Singkep Barat. Namun, saat pemilihan kepala desa, dia ikut Pilkades dan menang. Syarat tersebut dilanggar, setelah ada dukungan dari Camat,” terang sumber yang minta namanya tidak dipublikasikan, Senin, (08/08/2016), kemarin.

BACA JUGA  Contoh Surat Lamaran CPNS 2021

Untuk memenuhi persyaratan terpilihnya Sapiudin sebagai kepala Desa, katanya lagi, diduga sangat kental dengan peran beberapa pejabat di Kecamatan dan Pemkab Lingga sendiri. Hal ini, mengingat dia merupakan PNS Aktif, dan hingga kini masih menjadi PNS.

“Sebenarnya kami tidak mempermasalahkan dengan statusnya. Tapi, kalau kerjanya benar dan dia berdomisili di Desa ini. Namun, dari sebelum terpilih sampai terpilih, dia tidak pernah berdomisili disini,” terangnya.

Pada paragraf I persyaratan seseorang untuk menjadi Kepala Desa, lanjutnya, pada Pasal 21 point (g) dalam peraturan menteri dalam negeri tersebut, ditegaskan bahwa seseorang dapat dinyatakan lolos menjadi Calon Kepala Desa, apabila telah terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat, paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran.

“Sementara dia jangankan terdaftar disini, domisili di Bakong sendiri tidak pernah, dan hanya beberapa bulan saat menjadi Pjs Kades,” unggahnya. (SK-Pus)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.