Pengoperasian RORO Selama Ramadhan Dioptimalkan

oleh

LINGGA (SK) — Roll On Roll Off (RORO) Kapal luncuran Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang melayani jalur Batam-Lingga-Tanjungpinang dan sebaliknya, saat ini cukup mendapat tempat bagi masyarakat Lingga yang ingin bepergian ke Batam maupun Tanjungpinang, dengan harga tiket yang terjangkau oleh masyarakat tentunya RORO menjadi pilihan bagi masyarakat, menanggapi hal ini selama bulan Ramadhan pengoperasian Kapal RORO tersebut akan dioptimalkan.

Kabid Darat Dinas perhubungan komunikasi dan informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga, Rahadi, mengatakan, Untuk pengoperasian RORO selama Bulan Ramadhan ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak ASDP agar RORO dapat dengan optimal melayani masyarakat selama Bulan Ramadhan.

“Kita telah melakukan koordinasi dengan pihak ASDP agar selama Bulan Ramadhan dapat melayani dengan optimal, mengingat RORO cukup berpengaruh bagi perekonomian masyarakat Lingga,” ucap Rahadi, kepada Sijori Kepri, melalui telepon genggamnya, Senin (22/6/2015).

Selain itu, kita juga telah berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk antisipasi lonjakan penumpang, memang saat ini belum ada lonjakan penumpang yang signifikan, namun kita tetap mengantisipasinya terlebih dulu.

BACA JUGA  Lingga Terima Bantuan 5 Bus

“Kalau pun ada lonjakan penumpang yang signifikan diperkirakan mulai H 10 paling cepat, kalau tidak pun H 7, namun dari koordinasi yang telah kita lakukan, pihak ASDP bersedia menambah jadwal pelayanan, dari dua kali dalam satu Minggu, menjadi tiga kali satu Minggu bila terjadi lonjakan penumpang yang signifikan,” Lanjut Rahadi.

Saat dikonfirmasi terkait kelanjutan pembangunan fasilitas pelabuhan RORO di Batu Kapak, Daik Lingga, Rahadi, menuturkan, Dishubkominfo masih menunggu koordinasi selanjutnya dari pihak Provinsi, dikarenakan pelabuhan RORO di Batu Kapak tersebut milik Provinsi, Kita hanya sebagai penyedia lahan dan pengelola pelabuhan saja.

“Pembangunan fisik pelabuhan RORO Batu Kapak, pengerjaannya baru sampai ke tahap pemasangan tongkat-tongkat pelabuhan saja, dari koordinasi dengan pihak Provinsi Kepri, rencananya pada Tahun ini pengerjaannya dilanjutkan dan selesai pada Tahun 2015 ini,” terangnya.

Setelah Pelabuhan RORO Batu Kapak selesai, ada dua instansi yang berperan dalam pengaktifannya, yakni, pihak Provinsi sebagai penyedia fasilitas pelabuhan dan ASDP sebagai penyedia Kapal, dalam hal ini ASDP telah siap melayani jalur tersebut, hanya menunggu siapnya pembangunan pelabuhan tersebut.

BACA JUGA  Pelabuhan Penyeberangan “RORO BATU KAPAK PENARIK RESMI DIBUKA”

“Mudah-mudahan Tahun ini selesai dibangun, sehingga di Tahun depan dapat kita aktifkan pengoperasiannya, itu pun setelah izin pengelolaannya diserahkan oleh pihak Provinsi, kita berharap tahun 2016 pelabuhan RORO Batu Kapak sudah dapat digunakan,”paparnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPADINTO
EDITOR : DEDI YANTO

Pengoperasian RORO Selama Ramadhan Dioptimalkan (Photo : Sinar Harapan)
Pengoperasian RORO Selama Ramadhan Dioptimalkan
(Photo : Sinar Harapan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.