PN Tanjungpinang Gelar Beberapa Sidang di Dabo Singkep

oleh

LINGGA (SK) — Pengadilan Negeri kelas IA Tanjungpinang di Dabo Singkep, dengan Hakim Ketua Bambang Trikoro, dan Hakim Anggota Afrizal dan Heri Yusman, serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jufrizal dan Martua, Zitting Plaats menggelar sidang berbagai perkara. Salah satunya kasus penganiaan yang berujung pada nyawa melayang, untuk kasus ini, Tarmidi Bin Talib tersangka kasus penganiaan, JPU menuntut 6 Tahun kurungan, dalam kasus penganiaan ini, Majelis Hakim sempat menskor sidang, untuk memberikan kesempatan kepada tersangka untuk bernegoisasi.

Namun, hingga sidang dilanjutkan, antara tersangka dan pihak korban tidak melakukan negoisasi, karena pihak korban tidak hadir dalam persidangan, akhirnya Majelis Hakim memutuskan tersangka Tarmidi, di Vonis 7 tahun kurungan, vonis ini lebih berat dari tuntutan JPU yang hanya menuntut 6 tahun kurungan.

Sementara itu, kasus penyeludupan minyak tanah (Mitan) yang dibawa KM Purnama, membawa 6 ton Mitan bersubsidi, yang di nakhodai oleh Rustam alias Bujang, yang tertangkap pada bulan juli 2015 lalu, pada sidang Mitan ini dihadirkan 10 orang saksi.

BACA JUGA  PN Tanjungpinang "GELAR SIDANG BEBERAPA PERKARA"

Untuk kasus Mitan ini majelis Hakim menjatuhkan Vonis 1 tahun 8 bulan dan denda 1 Milyar, subsider 2 bulan kurungan, putusan hakim ini lebih ringan dari tuntutan JPU yakni, 2 tahun 6 bulan, dan tersangka Rustam menerimanya sementara JPU menyatakan pikir-pikir.

Sebelumnya juga digelar persidangan kasus pencurian di Desa Kota, dengan tersangka
Sahrol Bin Mahmud, yang di vonis 1 tahun 3 bulan, sama dengan tuntutan JPU, mengingat tersangka pernah ditahan oleh pihak yang berwajib dengan kasus yang sama, dan di sidangkan oleh Hakim yang sama.

Dilanjutkan dengan kasus perkelahian yang melibatkan antara operator Cafe Bahari dan pengunjung, dalam kasus ini pun Majelis Hakim sempat menskor sidang untuk memberikan peluang kepada pihak tersangka dan korban untuk mediasi, hal ini mengingat antara kedua belah pihak sama-sama dirugikan, dan dalam perkelahian tersebut mereka sama mempunyai bukti, sehingga pihak pelapor bisa jadi terlapor jika tersangka membuat laporan polisi.

Sidang dilanjutkan dan adanya mediasi antara pihak korban dan tersangka yang saling memaafkan, Majelis Hakim menjatuhkan vonis kepada tersangka Arif 5 bulan kurungan dipotong tahanan, putusan hakim ini juga lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut 6 bulan kurungan.

BACA JUGA  JPU Nyatakan “JEFRIZAL BERSALAH” Lakukan Korupsi

Sidang lainnya kasus judi siji dengan tiga orang tersangka, masing-masing dijatuhi 4 bulan kurungan dipotong tahanan. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

PN Tanjungpinang Gelar Beberap Sidang di Dabo Singkep (Photo : Puspandito)
PN Tanjungpinang Gelar Beberap Sidang di Dabo Singkep
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.