Polres Siap Periksa Anggota DPRD Agung Trianto

oleh
– Terkait Penyelundupan Solar

TANJUNGPINANG (SK) –- Dugaan keterlibatan Agung Trianto, anggota DPRD Kota Tanjungpinang dalam kasus upaya dugaan penyelundupan solar yang ditangkap Kodim 0315 Bintan beberapa waktu lalu memasuki babak baru. Polres Tanjungpinang yang menangani perkara tersebut, sudah mendapatkan surat izin dari Gubkepri untuk melakukan pemeriksaan anggota dewan tersebut.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Dwita Kumu mengatakan, surat izin melakukan pemeriksaan terhadap Agung sudah diterimanya dari Polda Kepri. Polres pun segera menjadwalkan pemeriksaan Agung.

”Dalam beberapa hari ke depan akan kami lakukan pemanggilan. Kalian nanti pasti saya kasih tahu,” ujar Dwita, kemarin.

Sebelumnya, pihak Polres Tanjungpinang masih menunggu surat rekomendasi pemeriksaan Agung yang dikirimkan Polda Kepri ke Biro Pemerintahan di Kantor Gubernur Kepri Dompak. Namun Kini, pihak Polres Tanjungpinang sudah siap melakukan pemeriksaan terhadap Agung.

Dalam kasus ini, Agung disebut sebut sebagai penyandang dana. Selain menetapakan tiga tersangka dalam kasus penyelewengan solar yang diamankan sebelumnya, polisi telah menetapkan empat tersangka lainnya namun masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

BACA JUGA  APBD 2021 Disahkan, Rahma Harap Program dan Kegiatan Tepat Sasaran

Keempat tersangka yang masih DPO itu berinisial Jo, Ig, Iv, dan St. Tersangka Jo, Ig, dan Iv yang merupakan pengawas dan rekan tersangka Syahgunandar selaku koordinator di lapangan yang telah ditetapkan tersangka sebelumnya. Sedangkan St, penerima dan penjual BBM subsidi di agen premium dan minyak solar (APMS) PT Tiga Muda Bintan Perkasa di Dompak.

Diberitakan sebelumnya, Kodim 0315 Bintan menggagalkan upaya penyeludupan 20 ton solar, Jumat (22/8) sore sekitar pukul 17.30 WIB ketika melakukan pemindahan BBM jenis solar dari mobil tangki BP 8187 TY ke sebuah tugboat KM Lautan Kakap, di Sungai Tarum, eks pelabuhan loading bouksit di Jalan Raya Sebauk, Tanjungsebauk, Tanjungpinang.

Modus yang dilakukan para pelaku adalah dengan menggunakan mobil tangki air dengan kapasitas 5.000 liter atau lima ton. Informasi yang didapat di lapangan, penangkapan tersebut dilakukan sembilan anggota tim intel Kodim 0315 Bintan. Masih dari informasi yang didapat di lapangan, anggota tim intel Kodim tersebut kemudian melakukan penggerebekan, setelah melihat ada aktivitas pemindahan solar.

BACA JUGA  APBD Tanjungpinang TA 2018 Disahkan “PALING LAMBAT DESEMBER 2017”

Karena berupaya melakukan penyuludupan solar yang dilakukan para pelansir di Tanjungpinang, anggota intel Kodim 0315 Bintan kemudian melakukan pengamanan terhadap lori tangki tersebut. Selain itu, anggota intel Kodim 0315 Bintan mengamankan sejumlah pelaku termasuk, kapten KM Lautan Kakap 87 Nomor lambung 845 BA.

Ketiga pelaku yang ditetapkan tersangka adalah SG selaku koordinator lapangan, BS sebagai pelaksana lapangan, dan JSB nakhoda kapal. Atas perbuatan ketiga tersangka yang diduga menimbun, mengangkut, dan menjual solar, disangka melanggar pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas, jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP, jo Pasal 56 KUHP.

Dalam lanjutan pengungkapan dugaan kasus pelansiran solar tersebut, Polres Tanjungpinang telah mengirimkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) kepada Kejaksan Negeri (Kejari) Tanjungpinang bidang Tindak Pidana Umum (Pidum).

Dua lembar SPDP yang dikirim penyidik polisi dan diterima Kejari Tanjungpinang tersebut, masing-masing terdiri Spdp/41/VIII/2014/reskrim atas nama JSP selaku nakhoda atau Kapten Kapal Tug Boat KM Lautan Kakap.

Kemudian SPDP nomor spdp/42/VIII/2014/Reskrim tanggal 29 Agustus 2014 atas nama SG, BS, JS selaku koordinator lapangan dan pelaksana lapangan yang mengusai mobil tanki solar berkapasitas 5.000 liter. (bp/SK-001)

BACA JUGA  Vicky Bahtiar, Anggota Dewan Termuda Kota Tanjungpinang
 

No More Posts Available.

No more pages to load.