Polsek Singkep Barat Gelar Apel Untuk pengamanan TPS

oleh

LINGGA (SK) — Satu hari menjelang pencoblosan, Polsek Singkep Barat, menggelar apel guna persiapan pengamanan Tempat Pemilihan Suara (TPS), yang di pimpin langsung oleh Kapolsek Singkep Barat, di halaman Kantor Mapolsek Singkep Barat, Senin (7/12/2015), sore hari, kemarin.

Kapolsek Singkep Barat, AKP Rusdwiantoro, dalam amanatnya, mengatakan, beberapa strategi pengamanan ditiap TPS dan antisipasi terjadinya kecurangan dan pengamanan di TPS, untuk mencegah terjadinya keributan dan hal-hal yang dapat menganggu keamanan jalannya Pemilihan Kepala Daerah, dan kenyamanan masyarakat saat menggunakan hak pilih.

“Pada hari ini tanggal 8 Desember 2015, Polri dan Linmas ikut serta melakukan pengawasan dan pengawalan kotak suara dari tingkat PPK, PPS dan TPS,” ungkap, pria yang juga akrab disapa pak Toro ini.

BACA JUGA :  19 Personil Polres Karimun “TERIMA PENGHARGAAN”

Dalam melakukan pengamanan di TPS, kata Toro, anggota Polri maupun Linmas dilarang keras memasuki wilayah TPS, kecuali emergency atau memang diminta oleh Panwaslu.

“Linmas sendiri berperan sebagai pembantu dan perpanjangan tangan Kepolisian dalam pelaksanaan Pengamanan Pilkada,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kanit Reskrim Polsek Singkep Barat, Ipda Asien Wirga, dalam memberikan arahan pada apel tersebut, menyampaikan, strategi bagaimana waktu pencoblosan nanti jika menemukan kejahatan, pelanggaran atau kesalahan.

“Ada dua tindak pidana Pemilu dan pelanggaran Pemilu, kita tidak bisa langsung melakukan penindakan, hanya bisa melaporkan kepada Panwas Kecamatan Singkep Barat, melalui PPL di setiap desa, jadi Linmas wajib mengetahui PPL disetiap Desa,” ucapnya.

BACA JUGA :  Polres Lingga Bersama Polsek Dabo dan Polsek Singkep Barat Gelar Goro

Untuk menentukan tindak pidana Pemilu, kata Asien, hanya dapat ditentukan oleh Panwaslu setelah dilakukan hasil sidang pleno, jika ditemukan pelanggaran, maka pelaporan ke pihak berwajib nantinya akan dilakukan oleh Panwaslu.

“Jadi Linmas yang melakukan pengamanan di TPS masing-masing, kita tekankan juga wajib mengetahui siapa Anggota Polri yg melaksanakan pengamanan di TPS tersebut,” imbuhnya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh, Ketua Panwascam Singkep Barat, Dedi, Gabungan Polres Lingga dan Polsek Singkep Barat 35 personil, Linmas 50 orang, dan anggota PPL 15 orang. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Polsek Singkep Barat Gelar Apel (Foto: Puspandito)
Polsek Singkep Barat Gelar Apel (Foto: Puspandito)
Foto bersama setelah Apel (Foto: Puspandito)
Foto bersama setelah Apel (Foto: Puspandito)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.