, ,

Programkan Perikanan Modern “LINGGA PERKUAT MISI DAERAH AGROMINAPOLITAN”

oleh
Programkan Perikanan Modern "LINGGA PERKUAT MISI DAERAH AGROMINAPOLITAN" 1
Bupati Lingga, H. Alias Wello. (Foto : Puspandito)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Bupati Lingga, H. Alias Wello, menilai konsep Pemerintah Kabupaten Lingga dalam waktu dekat yang akan segera meluncurkan program pembangunan di sektor perikanan berskala modern, adalah untuk memperkuat misi Lingga sebagai Daerah Agrominapolitan.

Potensi perikanan di Lingga, cukup mendukung usaha Pemerintah merealisasikan program perikanan berskala industri. Apalagi letaknya yang strategis dan dekat dengan jalur lintas laut perdagngan dunia, serta dengan 96 persen lautan dan beberapa titik sentra perikanan di Eropa Timur, contoh salah satunya pelabuhan perikanan Scheveningen Belanda.

“Konsep yang kita usung ini, bukan lagi bersifat konvensional. Namun, skala industrinya berbasis teknologi perikanan modern,” ungkap, kepada wartawan, Rabu, (28/09/2016).

Karena potensi perikanan di Lingga, kata AWe sapaan akrab Bupati Lingga, cukup mendukung usaha Pemerintah merealisasikan program perikanan berskala industri. Apalagi, letaknya yang strategis berdekatan dengan jalur lintas laut perdagangan dunia. Dengan beberapa titik sentra perikanan di Kabupaten dan 96 persen lautan tersebut, akan seperti beberapa pelabuhan perikanan di Eropa Timur, contohnya pelabuhan perikanan Scheveningen Belanda.

Kota tersebut, memiliki pelabuhan perikanan dengan tempat pelelangan ikan sendiri, pasar ikan beku, yang didukung cold storage berskala besar dan modern, serta pasar ikan segar untuk semua restoran di Den Haag. Untuk Industri pengolahan dan pengalengan ikan yang berinteraksi langsung dengan pedagang pasar lokal dan pelaku pasar ekspor, juga dibangun kawasan pelabuhan tersebut.

“Kita seharusnya sudah mencontoh kegiatan perikanan modern di negara-negara pesisir Eropa Timur. Dan untuk Lingga sendiri, kita melihat ada beberapa titik potensial untuk dijadikan sentra perikanan seperti ini, seperti Desa Penuba, Kecamatan Selayar, dan pulau satunya lagi berada di Kecamatan Senayang,” terangnya.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lingga akan menggandeng Kabupaten Bintan, lanjut AWe, hal tersebut dimaksudkan agar potensi kelautan yang dimiliki kedua daerah, dapat saling menopang. Kita, telah beberapa kali mendiskusikan kerjasama ini dengan Bupati Bintan. Nantinya, kami kroyokan dan saling berbagi peran. Potensi ini betul-betul akan dimanfaatkan dan dikembangkan secara optimal, dengan membangun konsorsium bersama untuk pengelolaannya. Pemerintah Daerah, juga sedang menjajaki Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk mendukung program minapolitan di dua Kabupaten/Kota Provinsi Kepri.

“Mentri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pujiastuti, berencana datang ke Lingga sekitar bulan November mendatang. Akan kita manfaatkan betul kunjungan tersebut, untuk mengekspos potensi kelautan kita disini,” paparnya.

Beberapa langkah telah dipersiapkan, tambah AWe, salah satunya mengumpulkan sumberdaya manusia dari akademisi, yang memiliki disiplin ilmu dibidang tersebut.

“Lewat peran eksponen Garda Terbilang, kita sudah kumpulkan 100 orang lebih putra daerah yang memiliki disiplin ilmu dibidang perikanan, pertanian dan peternakan. Kita mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia praktisi, tidak lagi teoritis,” jelasnya.

Jika Natuna, Pemerintah pusat bicara NKRI, disamping membangun ekonomi kreatifnya, tambah AWe, untuk Lingga Pemerintah akan bicara kedaulatan ekonomi. Kita berharap ditahun mendatang, Kabupaten Lingga juga didukung anggaran yang lebih besar, agar cita-cita kedaulatan pangan di Daerah tersebut dapat tercapai pada 2020 mendatang.

“Pemerintah Lingga bicara tentang kedaulatan ekonomi. Kami punya potensi tersebut. Bukan mustahil, jika kita kelola secara maksimal kedepannya, menjadi daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi luar biasa. Kalau semua berjalan sesuai rencana, dan didukung porsi anggaran yang lebih besar di tahun mendatang, Tahun 2018 keberhasilannya sudah bisa kita rasakan bersama. Untuk sektor pertanian, 2017 insyaallah sudah dapat kita nikmati,” unggahnya. (SK-Pus)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner