Puluhan Dokter Cilik Adu Kebolehan

oleh

– Ciptakan Dokter Cinta PHBS

BINTAN (SK) — Sebanyak 42 dokter kecil yang merupakan wakil terbaik dari seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Bintan berlomba untuk menunjukan ketangkasan serta kebolehannya di depan tim juri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan.

Lomba yang digelar di Kantor Dinkes Bintan km 42 Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu itu, Selasa (21/10), terbagi dalam dua kategori lomba, yaitu lomba cerdas cermat dan lomba penyuluhan kesehatan dan demo Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Bintan Muhammad Roem dalam sambutannya mengatakan, dalam mengupayakan masyarakat hidup dalam lingkungan yang sehat, salah satu caranya adalah dengan mengkampanyekan PHBS diseluruh lapisan masyarakat terutama pada usia dini.

BACA JUGA  Kecamatan Tambelan, Tambah Kasus Positif COVID-19 Bintan

PHBS kata Roem, merupakan salah satu upaya penting untuk menjaga anak sekolah tetap sehat. Sehingga lanjutnya, dapat mendukung proses belajar dan pendidikan anak-anak.

Berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 1457/Menkes/SK/X/2003 tentang standar pelayanan minimal bidang kesehatan. Roem mengatakan, dengan kegiatan lomba dokter kecil ini, dapat membina para dokter kecil yang mampu diberdayakan untuk menggerakkan anak usia dini dalam meningkatkan kebiasaan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, dapat menjadikan para dokter kecil sebagai duta kesehatan di usia dini,” ujar Roem, Selasa (21/10).

Sementara itu Ketua panitia pelaksana kegiatan lomba yang juga menjabat Kepala Bidang Promosi Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat (Kabid PPKM) Dinkes Bintan, Dwi Meiry menuturkan, lomba dokter kecil ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para peserta sebagai kader kesehatan di sekolah.

Selain itu juga lanjut Meiry, dengan begitu prilaku hidup sehat dapat membudaya disekolah-sekolah dasar. Para peserta lomba kata dia, terdiri dari siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Bintan yang merupakan wakil terbaik pilihan setiap Puskesmas se-Kabupaten Bintan.

BACA JUGA  Dinkes Bintan Serukan Minum Obat Kaki Gajah

Adapun lomba terbagi menjadi dua kategori yang terdiri dari cerdas cermat dan lomba penyuluhan. Selain itu kriteria penilaian yang dilakukan oleh pihaknya, kata Meiry, meliputi kemampuan serta sikap dalam penampilan perlombaan. Isi serta penguasaan materi yang disampaikan peserta yang terdiri dari dokter kecil itu juga jadi penilaian.

Dia juga berharap, dengan adanya kegiatan lomba yang telah diadakan setiap tahunnya oleh Dinkes Bintan ini. Dapat menciptakan kader-kader kesehatan di usia dini yang mampu menjadi motivator prilaku hidup sehat.

“Kita berharap dengan adanya lomba dokter kecil ini, bisa melahirkan kader cilik yang peduli akan prilaku hidup yang sehat ditengah masyarakat pada umumnya dan terutama disekolahnya masing-masing,” imbuh Meiry. (HK/SK-001)

No More Posts Available.

No more pages to load.