, , , ,

Puskesmas Sedanau Kekurangan APD COVID-19

oleh
Ketua DPRD Natuna Andes Putra, didampingi Wakil Ketua I Daeng Ganda Rahmatullah, Ketua Komisi I beserta anggota, meninjau Puskesmas Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat. (Foto : Bernard Simatupang)

Sijori Kepri, Natuna — Ketua DPRD Natuna Andes Putra, didampingi Wakil Ketua I Daeng Ganda Rahmatullah, Ketua Komisi I beserta anggota, meninjau Puskesmas Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, Sabtu, (4/4/2020).

Dalam peninjauan tersebut, Andes Putra bersama anggota melakukan rapat terbatas di Puskesmas Kecamatan Bunguran Barat. Rapat tersebut juga dihadiri Oleh Camat Bunguran Barat, Kepala Puskesmas Kecamatan Bunguran Barat, Perwakilan Dokter, Tim Kesehatan dan perwakilan Mahasiswa.

Pada Rapat Tersebut, Ketua DPRD Natuna, Andes Putra, yang juga merupakan Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), mengapresiasi kinerja Tim Gugus Depan Kecamatan Bunguran Barat dalam menghadapi Pandemic Covid-19.

“Kami hadir disini bersama-sama untuk menguatkan tim-tim dilapangan, meninjau langkah-langkah yang dilakukan guna melakukan pemutusan mata rantai Covid-19 ini, Alhamdulilah Puskesmas Sedanau sudah melakukan langkah dengan sangat tepat, walaupun masih ada beberapa kekurangan,” ujar Andes.

Dalam kesempatan yang sama, dokter Puskesmas Sedanau, dr. Ari, berharap kepada DPRD dan Pemerintah Kabupaten Natuna, agar dapat mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) dalam rangka pencegahan Covid-19.

“Jujur saya katakan, kami disini juga sangat butuh APD, sebab Puskesmas ini juga merupakan Puskesmas Rawat Inap, jadi semua kesiapan pencegahan Covid-19, serta merta tim medis kami juga sangat perlu diperhatikan Pemerintah,” kata dr. Ari.

Lebih lanjut, dr. Ari, menyampaikan, selama adanya Pandemic Covid-19 ini, pihak Puskesmas Sedanau juga terlibat langsung dalam hal pencegahan Covid-19, seperti pemeriksaan suhu tubuh terhadap penumpang yang turun dan naik dari pelabuhan Binjai – Sedanau, hingga penumpang Kapal Bukit Raya dan KM Sabuk.

“Untuk itu, saya berharap dengan segala keterbatasan yang ada di Sedanau ini, Pemerintah Kabupaten Natuna bisa membantu mendistribusikan alat-alat kelengkapan yang kami butuhkan, yaitu berupa APD, Rapid Tes dan kelengkapan kesehatan lainnya,” harap dr. Ari.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Aris Munandar, menyampaikan, agar seluruh Gugus Depan yang ada di Kecamatan Bunguran Barat untuk dapat bersabar dalam menangani Pandemic Covid-19.

“Kami mengetahaui masih banyak kekurangan alat kelengkapan medis yang ada di Kabupaten Natuna, termasuk ketersediaan APD dan Rapid Tes sangatlah terbatas. Pada saat ini Kabupaten Natuna baru memiliki 100 buah APD dan 100 buah Rapid Tes yang dikirimkan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, ini menjadi PR bagi kami untuk segera mengusulkan agar kelengkapan medis di Puskesmas Sedanau dapat terpenuhi,” ucap Aris.

Selanjutnya Aris juga menyampaikan, bahwa Komisi I DPRD Natuna sebelumnya sudah melakukan rapat dengan beberapa jajaran Dinas Kesehatan Natuna, membahas kelengkapan alat kesehatan dan tenaga medis yang dibutuhkan dalam penanganan pencegahan Virus Covid-19.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah Kabupaten Natuna telah memesan beberapa alat kelengkapan yang dibutuhkan tenaga medis dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19.

“Mudah-mudahan alat kelengkapan yang kita pesan bisa terealisasi dan secepatnya bisa kita terima, sehingga Puskesmas yang ada di Kabupaten Natuna dapat melaksanakan pencegahan Covid-19 dengan maksimal,” katanya.

“Saya berharap kepada semua masyarakat Kabupaten Natuna yang sedang berada di Zona Merah Covid-19, apabila pulang ke Natuna agar mengisolasikan diri selama 14 hari, demi suksesnya pencegahan penyebaran Virus Covid-19 yang sedang berlangsung saat ini,” harapnya.

“Mari sama-sama kita putus mata rantai Virus Covid-19 ini dengan cara mengikuti protokol-protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, sehingga kita terhindar dari segala dampaknya,” pungkas Wan Aris. (nard)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]