Puspenerbal TNI AL Lumpuhkan Teroris di Bandara RHF

oleh

– Dalam Kegiatan Simulasi Anti Teror.

TANJUNGPINANG (SK) — Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) TNI AL telah melumuphkan kawanan teroris di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Sabtu (28/03/2015) malam. Namun hal tersebut merupakan simulasi anti teror dalam operasi dukungan penerbangan malam hari diwilayah barat Indonesia guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang, ini dilaksanakan di Wing Udara Komando Armada Barat Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari terhitung sejak 23 Maret sampai 28 maret 2015, kegiatan simulasi anti teror dan pengamanan Otoritas Bandara dari segala ancaman dan bahaya keamanan,dipandang perlu oleh Puspenerbal TNI AL dikarenakan banyaknya dugaan pelanggaran hukum yang cenderung mengancam aktifitas bandara dan penerbangan.

Laksamana Pertama Sigit Komandan Pupenerbal Lanudal Tanjungpinang menjelaskan, jika pihaknya melaksanakan kegiatan ini untuk membantu keamanan dan kenyaman otoritas penerbangan dari segala bentuk ancaman.

BACA JUGA :  Nurdin Apresiasi "LATIHAN KESEHATAN TERPADU TNI AL"

Dikatakannya,berbagai ancaman sering dialami petugas bandara, baik itu teror maupun ancaman bahaya psikotropika, yang diduga sering menggunakan bandara dan pesawat sebagai alat transportasi untuk mengirimkan paket terlarang,seperti narkotika, benda cagar budaya dan bahan yang dilarang dibawa oleh jasa penerbangan.

Kegiatan Simulasi Ini melibatkan 134 Personil TNI, mulai dari awak pesawat udara TNI AL, batalyon Pasmar Dua Marinir, Batalyon Pertahanan Pangkalan Lantamal IV serta beberapa tenaga medis dari Rumah Sakit Dr.Midiyanto Tanjungpinang.

Menurut Laksamana Pertama Sigit, Komandan Puspenerbal TNI AL mengatakan, tujuan dari latihan ini untuk meningkatkan kemampuan awak pesawat udara didalam kesiapan operasional untuk mendukung tugas pokok TNI AL.

“Latihan Simulasi Anti Teror yang telah dilakukan TNI AL ini dilaksanakan pada sepanjang tahun,yang dilaksanakan pada Triwulan Pertama dengan lokasi Jakarta, Batam, Tanjungpinang, Surabaya maupun dibeberapa pangkalan TNI AL diwilayah Timur Indonesia,” ucap Laksmana ini.

BACA JUGA :  KAPOLDA SAM : Saya Tidak Selingkuh “DENGAN TUKANG REKLAMASI”

Ketika ditanyain Sijori Kepri,terkait thema latihan simulasi yang dilaksanakan TNI dipangkalan armada Barat Lantamal IV Tanjungpinang, yang juga mengambil thema pemberantasan kegiatan penyeludupan Narkotika.

Komandan Puspenerbal mengatakan, unsur TNI tugasnya tidak hanya melakukan perang, bahkan menurutnya, TNI juga dapat melakukan kegiatan operasi militer selain Perang(OMSP) yang sifatnya dapat membantu pemerintah, baik ancaman bersenjata dari kelompok teroris maupun kelompok radikal lainnya.

Dalam agenda latihan terbang malam yang dilakukan dibandara raja Fisabililah ini juga terlihat Syahrul, Wawako Tanjungpinang, Komandan Kodim 0315 Bintan,Mayor AD Syaeful Damanik dan beberapa anggota DPRD, juga ratusan masyarakat tumpah ruah diareal bandara yang ikut menyaksikan sesi latihan antisipasi ancaman yang dilakukan oleh beberapa prajurit dari satuan TNI AL hingga kegiatan tersebut selesai dilaksanakan.(SK-R.Nst)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.