Rahma Buka Workshop Tim LAPOR! – SP4N

oleh
Rahma Buka Workshop Tim LAPOR! - SP4N 1
Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP, bersama para OPD dan ASN Pemko Tanjungpinang. (Foto : Humpro TPI)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Rahma Buka Workshop Tim LAPOR! – SP4N
– Aplikasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Pemerintah Kota Tanjungpinang akan terus mendorong terciptanya pemerintahan yang baik (good governance), dengan menjadikan pemerintahan yang transparan atau terbuka. Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP dalam sambutannya saat membuka acara Workshop Tim LAPOR! SP4N, di Comforta Hotel, Tanjungpinang, Selasa, (26/2/2019).

Rahma mengatakan, Good Governance merupakan salah satu visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang dalam memimpin Pemerintah Kota Tanjungpinang 5 tahun kedepan. Dengan Visi Tanjungpinang Sebagai Kota Yang Maju, Berbudaya Dan Sejahtera Dalam Harmoni, Kebhinekaan Masyarakat Madani.

“Visi ini diwujudkan dalam misi-misi yang secara umum adalah Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Profesional, Berwibawa, Amanah, Transparan dan Akuntabel, serta didukung dengan aparatur yang berintegritas dan kompeten,” ungkapnya.

Dewasa ini, menurut Rahma, kini informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan kemajuan tekhnologi informasi memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi.

“Hal ini tentunya membuat tingkat kecerdasan masyarakat menjadi sangat penting, dan hal ini juga menuntut pemerintah sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk siap memberikan infomasi yang akurat mengenai perencanaan dan capaian-capaian sesuai tugas dan fungsinya kepada masyarakat,” lanjutnya.

Pemerintah dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Hal ini dapat terwujud, tentunya dengan mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan di lapangan dan memberikan masukan/kritik yang membangun terhadap kebijakan dan kinerja pemerintah.

“Pemerintah Kota Tanjungpinang sangat mendukung dan serius dalam langkah-langkah menuju good governance, hal ini tentunya telah tertuang dalam Visi dan Misi pemerintah 5 tahun kedepan. Akan tetapi dalam mewujudkan visi dan misi ini perlu didukung oleh Aparatur Sipil Negara yang profesional dan memiliki etos kerja yang baik, dan tidak kalah pentingnya dukungan masyarakat Kota Tanjungpinang dalam mewujudkan program-program, serta terus melakukan pengawasan dan memberikan masukan-masukan yang membangun kepada pemerintah,” jelas Rahma.

Pemerintah Kota Tanjungpinang terus mengupayakan saluran-saluran yang efektif dan untuk masyarakat, dalam menyalurkan aspirasinya terhadap kinerja pemerintah. Dalam hal ini Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah melakukan Pengintegrasian Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik secara nasional ke dalam aplikasi LAPOR!-SP4N.

“Setiap Pemerintahan Daerah wajib terintegrasi ke dalam aplikasi LAPOR!-SP4N (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat-Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional), Aplikasi LAPOR!-SP4N ini berskala nasional dan merupakan integrasi pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka sistem infomasi pelayanan publik,” paparnya.

Sistem LAPOR!-SP4N dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat, agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangani.

“Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik, pemerintah memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” tutup Rahma. (Rans/R)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner