Ratusan Masyarakat Singkep Gelar Sholat Istisqa

oleh

LINGGA (SK) — Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Lingga, sejumlah tokoh Agama, tokoh masyarakat dan masyarakat umum menggelar Sholat istisqa (sholat permohonan minta diturunkan hujan), hal ini dilakukan semoga Allah mengijabahkan permohonan masyarakat Singkep, untuk menurunkan hujan di Dabo Singkep khususnya dan di Kabupaten Lingga pada umumnya.

Shalat istisqa ini biasanya memang dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang, atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan tertentu, dan pelaksanaannya pun dilakukan secara berjama’ah dipimpin oleh seorang imam, selain itu Sholat ini pengerjaannya sama halnya dengan Sholat I’d pada lebaran, yakni, setelah Sholat dua raka’at baru Khutbah.

Sholat Istisqa yang digelar tokoh Agama Kecamatan Singkep, dilaksanakan di halaman Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep, Minggu (25/10/2015) pukul, 06.30 WIB pagi, bertindak sebagai iman Ketua MUI Kabupaten Lingga, dengan khotib Ustads Muhammad Nizar, Direktur Pondok pesantren Tahfizh Baitul Qur’an, Telex.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Singkep, H Kisanjaya, merasa sangat bersyukur dengan masyarakat Dabo Singkep, yang begitu ramai telah turut serta dalam Sholat Istisqa ini, selain itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berdo’a dan bermunajat kepada Allah agar diturunkan hujan.

“Semoga dengan Sholat berjemaah bersama permohonan dan do’a kita dapat dikabukan Allah,” ungkapnya, kepada Sijori Kepri, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (26/10/2015).

Sementara itu, salah seorang ibu-ibu, mengatakan, semoga dengan dilakukannya Sholat Istisqa ini, Allah berkenan mengabulkan kita dan menurunkan hujan, serta kemarau panjang cepat berlalu.

“Dirumah saya, sumur sendiri maupun milik tetangga sudah pada kering, kalau pun ada air harus menunggu berjam-jam, semoga dapat mengabulkan do’a kita dengan menurunkan hujan,” ujarnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Sholat Istisqo (Photo : puspandito)
Sholat Istisqo (Photo : puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.