GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
HEADLINETANJUNG PINANG

Ratusan Pelajar Ikuti Seminar Karang Taruna dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri

×

Ratusan Pelajar Ikuti Seminar Karang Taruna dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri

Sebarkan artikel ini
Karang Taruna Provinsi Kepri bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan seminar dengan tema Peran Tenaga Kerja Konstruksi Dalam Pembangunan Infrakstruktur di Provinsi Kepri. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Karang Taruna Provinsi Kepri bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan seminar dengan tema Peran Tenaga Kerja Konstruksi Dalam Pembangunan Infrakstruktur di Provinsi Kepri.

Kegiatan seminar ini turut dihadiri ratusan pelajar SMK Negeri 3 Tanjung Pinang, Senin, 24 Juli 2023.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan teman-teman di Karang Taruna Kepri.

“Dunia pendidikan sangat beririsan dengan Dunia Kerja, dimana Institusi Pendidikan baik formal maupun non formal merupakan dapurnya penyiapan para tenaga kerja yang akan mengisi dunia kerja yang semakin hari membutuhkan tenaga yang kompetitif dan berdaya saing dengan nilai tambah tertentu,” kata Andi Agung.

Menurut Andi Agung, pendidikan formal tentu tidak dapat melakukan kerja besar ini. Keterlibatan berbagai pihak dalam hal ini Karang Taruna yang ikut memberikan kontribusi nyata tentu sangat diperlukan.

“Semoga kedepannya kegiatan positif seperti ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan,” harap Andi Agung.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Provinsi Kepri, yang diwakili Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Kepri Bidang Konstruksi dan ESDM, Nopiyardi ST, menyampaikan, kegiatan seminar ini merupakan pengejawantahan dari diskusi-diskusi yang dibangun bersama Masyarakat Jasa Konstruksi Kepri.

Dimana tenaga kerja sektor Jasa konstruksi yang ada di Kepulauan Riau saat ini sedang mengalami kelangkaan yang diakibatkan oleh perubahan aturan sektor jasa konstruksi terkait sertifikasi tenaga kerja maupun sebab teknis lainnya.

Oleh karena itu Karang Taruna bekerja sama dengan Politeknik Negeri Batam melaksanakan kegiatan seminar ini untuk memberikan early warning kepada pemangku kepentingan secara umum, bahwa sektor jasa konstruksi cukup memberikan andil dan peran besar dalam menjaga perekonimian sebuah wilayah karena sektor jasa konstruksi masih menerapkan metode padat karya secara swakelola maupun tender.

“Kita berharap teman-teman SMK dan anak-anak muda yang sekarang sedang menempuh pendidikan dapat menyiapkan diri bila mana nanti memilih sektor jasa konstruksi sebagai bidang kerjanya,” harapnya.

Terpisah, Sekretaris Karang Taruna Provinsi Kepri, Helvis F Bahrumsyah, mengatakan, seminar ini adalah kegiatan kolaboratif antar Lembaga, dimana Pembina Umumnya adalah Gubernur Kepuluan Riau, Ansar Ahmad, selalu mengatakan anak-anak muda di Kepri harus terus diberikan ruang dan kesempatan untuk berkarya dibidangnya masing-masing.

“Saat ini tuntunan dunia kerja yang aplikatif sangat menuntut Sumber Daya Manusia yang kreatif dan kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah membersamai kami untuk terus memberikan kontribusi untuk para generasi muda khususnya di Kepri. Sesuai dengan slogan Karang Taruna Kepri dari Sejuta Bhakti dari Kepri untuk Indonesia,” tambah Helvis. ***

(Red)