DAERAHHEADLINEKEPRIPOLITIK

Resmi! KPU Tetapkan Daftar Lengkap Dapil dan Jumlah Kursi Pemilu 2024 di 38 Provinsi

×

Resmi! KPU Tetapkan Daftar Lengkap Dapil dan Jumlah Kursi Pemilu 2024 di 38 Provinsi

Sebarkan artikel ini
KPU Tetapkan Daftar Lengkap Dapil dan Jumlah Kursi Pemilu 2024. (Foto : KPU)

JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi menetapkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di 38 Provinsi pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Termasuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), juga terjadi perubahan jumlah Dapil yang mengacu pada perubahan jumlah penduduk pada Pemilu 2024 nanti.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Daftar lengkap Dapil dan jumlah kursi Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU itu, juga terkait adanya pemekaran wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2022 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Sebelum pemekaran, hanya ada 2 (dua) Dapil di Tanah Papua, meliputi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Kemudian setelah pemekaran ada tambahan 4 (empat) Provinsi/Dapil baru, yakni Papua Selatan, Papua tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. Dengan demikian, saat ini terdapat 6 (enam) Provinsi/Dapil di Tanah Cendrawasih. 

Jumlah Dapil di Indonesia pun bertambah dari 80 menjadi 84 dapil, dan kursi DPR bertambah dari 575 menjadi 580 kursi untuk periode 2024-2029.

Daerah Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi Provinsi dengan jumlah dapil terbanyak pada Pemilu 2024, yakni masing-masing 11 dapil. Dikuti Jawa Tengah sebanyak 10 Dapil.

Ada pula 4 (empat) Provinsi yang masing-masingnya memiliki 3 (tiga) Dapil, kemudian 9 (sembilan) Provinsi memiliki 2 (dua) dapil, dan 22 Provinsi lainnya hanya punya 1 (satu) Dapil.

Wakil Ketua Komisi 2 DPR RI, Syamsurizal, penyetujuan dalam rapat kerja Komisi 2 DPR RI dengan Mendagri, KPU, Bawaslu, DKPP di Gedung Nusantara, Jakarta, Senin ini, 6 Februari 2023, merupakan lanjutan dari pertemuan konsinyering beberapa hari yang lalu.

“Ketika itu kita melakukan semacam pembulatan pendapat, kira-kira berkenaan dengan Dapil. Sebagaimana yang diputuskan oleh Putusan MK No 80 Tahun 2022 yang lalu itu disebutkan, bahwasanya KPU itu diberikan semacam kewenangan untuk mengatur penentuan Dapil yang baik dan benar. Karena ada perubahan sebaran jumlah penduduk, ada perubahan jumlah penduduk, bahkan ada pengurangan jumlah penduduk,” jelas Syamsurizal.

Berikut Ini Daftar Lengkap Dapil dan Jumlah Kursi Pemilu 2024 di 38 Provinsi Yang Ditetapkan KPU :

[red]